STRATEGI SOFT DIPLOMACY INDIA MELALUI BOLLYWOOD DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA INDIA DI INDONESIA
ABSTRAK
Sherly Marlina Dewi, NIM 1102045087, dengan skripsi berjudul :“Strategi Soft Diplomacy India melalui Bollywood dalam Meningkatkan PromosiPariwisata India di Indonesia” dibawah bimbingan Bapak Sonny Sudiar, S.IP,M.A selaku pembimbing I dan Bapak Dadang Ilham K. Mujiono, S.Sos, M.Aselaku pembimbing II, pada Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas IlmuSosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman, Samarinda.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan strategi softdiplomacy yang dilakukan India melalui Bollywood dalam meningkatkan promosipariwisata India di Indonesia dengan menerapkan konsep Multi-track Diplomacydan konsep Soft Diplomacy. Metode penelitian yang digunakan dalam menyusunskripsi ini adalah jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan telaahpustaka, dengan menggunakan jenis data sekunder. Teknik analisis data yangdipergunakan adalah analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Soft diplomacy India di Indonesiamelalui Bollywood dilakukan sebagai strategi untuk meningkatkan promosibudaya India guna meningkatkan jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjungke India. Bollywood telah memberikan keuntungan bagi India. Dalam penelitianini, Bollywood sebagai Soft Diplomacy India memberikan pengaruh dalammeningkatkan promosi pariwisata India di Indonesia namun pada kenyataannyatidak begitu signifikan dalam hal peningkatan jumlah wisatawan asal Indonesiayang berkunjung ke India.
Kata kunci : Bollywood, India, Soft Diplomacy, Pariwisata India, Indonesia.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | STRATEGI SOFT DIPLOMACY INDIA MELALUI BOLLYWOOD DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA INDIA DI INDONESIA |
---|---|
Pengarang | SHERLY MARLINA DEWI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY