Detail Cantuman Kembali
RATNA DEWI - Personal Name

HUBUNGAN ANTARA TAYANGAN 86 DI NET. DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERATURAN LALU LINTAS (Studi Kasus Pada Masyarakat Bubuhan Samarinda)

ABSTRAK

Ratna Dewi, Hubungan Antara Tayangan 86 di NET. Dengan TingkatPengetahuan Peraturan Lalu Lintas (Studi Kasus Pada Masyarakat BubuhanSamarinda), di bawah bimbingan Bapak Drs. M.Z. Arifin, M.Si selaku pembimbingI dan Bapak Sarwo Edy Wibowo, S.I.Kom., M.M selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan Antara Tayangan 86 di NET.Dengan Tingkat Pengetahuan Peraturan Lalu Lintas (Studi Kasus Pada MasyarakatBubuhan Samarinda). Jenis penelitian adalah penelitian Kuantitatif-Survei Eksplanatif yang bersifatAssosiatif dan populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat BubuhanSamarinda yang telah berpartisipasi dalam prasurvei dan yang menjadi sampelsebanyak 86 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalahRandom Sampling. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adadua jenis yaitu data primer merupakan sumber data yang diperoleh melaluiresponden dengan cara memberikan kuesioner (angket) secara online, sedangkandata sekunder melalui media perantara seperti literatur yang berhubungan denganpenelitian, buku pedoman, dan situs internet resmi yang relevan.
Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistikinferensial untuk melihat derajat hubungan antara dua variabel dengan rumuskorelasi rank Spearman, teknik ini digunakan untuk mencari koefisien korelasi.Kemudian Uji Hipotesis atau uji signifikansi harga rs menggunakan uji Z.
Hasil penelitian dari berdasarkan analisis data, menggunakan Rank Spearman, diperoleh hasil bahwa tayangan 86 di NET. mempunyai hubungandengan tingkat pengetahuan Peraturan Lalu Lintas (studi kasus pada Masyarakat Bubuhan Samarinda). Dimana diperoleh nilai korelasinya (rs) sebesar 0,373, hal inimenunjukkan bahwa hubungan antara variabel X dan Y memiliki hubungan yangmoderat dengan variasi sebesar 37% sedangkan sisanya 63% disebabkan oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan dalam perhitungan statistik.
Hasil dari pembuktian kebenaran hipotesis yaitu nilai Zhitung = 3,44 > dari Ztabel = 1,96, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat hubungan yangsignifikan antara tayangan 86 di NET. dengan tingkat pengetahuan Peraturan LaluLintas.

Kata Kunci: Tayangan 86, Tingkat Pengetahuan, Peraturan Lalu Lintas,Bubuhan Samarinda

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN ANTARA TAYANGAN 86 DI NET. DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERATURAN LALU LINTAS (Studi Kasus Pada Masyarakat Bubuhan Samarinda)
Pengarang RATNA DEWI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua