Detail Cantuman Kembali
MARDI - Personal Name

PEMANFAATAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN HIMPUNAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIB MTs. NORMAL ISLAM SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2007/2008

ABSTRAK

Mardi : Pemanfaatan Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Matematika Pokok bahasan Himpunan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIB MTs. Normal Islam Samarinda Tahun Pembelajaran 2007/2008. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman dibimbing oleh Drs. Azainil, M.Si. (selaku pembimbing I) dan Drs.Abdul Basir, M.Si. (selaku pembimbing II)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan pemanfaatan tutor sebaya pada pokok bahasan Himpunan di kelas VIIB MTs. Normal Islam Samarinda Tahun Pembelajaran 2007/2008.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIB MTs. Normal Islam Samarinda Tahun pembelajaran 2007/2008 sebanyak 34 siswa dan objek penelitian adalah pemanfaatan tutor sebaya.
Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, tugas, PR dan tes hasil belajar. Tes dilaksanakan pada setiap akhir siklus sedangkan observasi, tugas, dan PR dilaksanakan setiap pertemuan saat pembelajaran berlangsung. Masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Pertemuan I dan II merupakan pelaksanaan pembelajaran dengan tutor sebaya, sedangkan pertemuan III digunakan untuk pelaksanaan tes hasil belajar.
Berdasarkan data hasil dokumentasi yang diambil dari hasil tes pada semester sebelumnya dengan nilai rata-rata sebesar 49,73, diperoleh peningkatan pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 65,47. Pada siklus II terjadi peningkatan dan diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,91. Pada siklus III juga terjadi peningkatan jika dibandingkan pada siklus-siklus sebelumnya yakni diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,88.
Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pemanfaatan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas VIIB MTs. Normal Islam Samarinda Tahun Pembelajaran 2007/2008.
Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka disarankan bagi guru agar dapat menerapkan model pembelajaran dengan tutor sebaya pada proses pembelajaran matematika di kelas, bagi siswa agar berupaya aktif dalam setiap proses pembelajaran, menambah wawasan dengan mempelajari buku-buku penunjang sumber belajar, dan lebih motivasi diri untuk belajar sehingga meningkatkan hasil belajar matematika, sedangkan bagi sekolah agar dapat dijadikan sebagai bahan kajian untuk penelitian dalam meningkatkan mutu pengajaran di sekolah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PEMANFAATAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN HIMPUNAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIB MTs. NORMAL ISLAM SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2007/2008
Pengarang MARDI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua