Detail Cantuman Kembali
LILI NAILI HIDAYAH - Personal Name

PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia)

ABSTRAK

Lili Naili Hidayah, 2016. Pengaruh Mekanisme Corporate GovernanceTerhadap Manajemen Laba dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Perusahaan(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI). Dibimbing oleh: Bapak Irwansyah selaku pembimbing I dan Ibu Dhina MustikaSari selaku pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh mekanismecorporate governance, yaitu meliputi: kepemilikan manajerial, kepemilikaninstitusional, proporsi dewan komisaris independen, dan komite audit terhadapmanajemen laba. Dan pengaruhnya terhadap kinerja perusahaan. Penelitian inimenggunakan sampel dari 25 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BursaEfek Indonesia, dengan menggunakan purposive sampling yang menerbitkanlaporan keuangan dari tahun 2013 – 2014. Metode analisis dari penelitian inimenggunakan regresi berganda dan regresi sederhana.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kepemilikan manajerialberpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba, (2) kepemilikaninstitusional berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba,(3) proporsi dewan komisaris independen berpengaruh positif dan tidak signifikanterhadap manajemen laba, (4) komite audit berpengaruh positif dan tidaksignifikan terhadap manajemen laba, dan (5) manajemen laba berpengaruhnegatif dan tidak signifikan kinerja perusahaan.
Kata Kunci: Mekanisme Corporate Governance, Manajemen Laba, Kinerja Perusahaan.



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia)
Pengarang LILI NAILI HIDAYAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua