PERAN AGENCY COST REDUCTION DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN ANTARA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara CSR terhadap NilaiPerusahaan. Nilai perusahaan diproksikan dengan Tobin’s Q. Penelitian inidiambil karena masih terdapat perbedaan hasil antara penelitian satu denganyang lain. Penelitian ini memasukkan agency cost reduction sebagai variabelmediating. Penelitian ini tidak menggunakan teori stakeholder, namunmenggunakan teori agensi, signaling theory, dan teori legitimasi. Penelitian inimenggunakan WarpPLS 5.0.
Penelitian ini menggunakan 63 sampel perusahaan manufaktur dari tahun2013 – 2015 yang terdaftar di BEI. Sampel dipilih menggunakan metodepurposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SR berpengaruh positif dansignifikan terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil analisis ditemukanbahwa agency cost reduction memediasi secara parsial hubungan antara CSRterhadap nilai perusahaan. Kepemilikan institusional belum mampu memoderasihubungan antara CSR dan agency cost reduction.
Kata kunci : Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan, Agency Cost Reduction, Kepemilikan Institusional
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERAN AGENCY COST REDUCTION DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN ANTARA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA) |
---|---|
Pengarang | ALFINI MARYANTI LIU - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY