Detail Cantuman Kembali
Rahmat Ramadhan - Personal Name

KEBIJAKAN PIVOT TO ASIA AMERIKA SERIKAT DI KAWASAN ASIA PASIFIK TAHUN 2009-2014

Rahmat Ramadhan, NIM. 1102045168 judul Kebijakan Pivot to Asia Amerika Serikat di Kawasan Asia Pasifik tahun 2009-2014, di bawah bimbingan Yuniarti, S.IP, M.Si, selaku Pembimbing I dan Rahmah Daniah, S.IP, M.Si. selaku Pembimbing II, program studi Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman Samarinda.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kebijakan Pivot to Asia Amerika Serikat di kawasan Asia Pasifik. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode studi kasus, yaitu bagaimana Implementasi Kebijakan Pivot to Asia di kawasan Asia Pasifik. Data yang akan disajikan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Penelitian ini menggunakan teori Kebijakan Luar Negeri, konsep Balance of power dan konsep Geopolitik
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Pivot to Asia dilakukan dalam tiga bidang, yaitu di bidang ekonomi, berupa kerjasama ekonomi yang dikembangkan AS di Asia-Pasifik lewat perjanjian TPP. Implementasi pivot to Asia dalam bidang politik adalah meningkatkan hubungan dan kerjasama bilateral dan multilateral dengan negara-negara Asia Pasifik dan juga negara aliansi AS. Sedangkan implementasi dalam bidang keamanan adalah melakukan kerjasama keamanan dan militer dengan negara-negara Asia Pasifik. Orientasi pelaksanaan pivot to Asia yang pada awalnya berupa penguatan hubungan kerjasama berubah menjadi balance of power yang menyeimbangkan bangkitnya kekuatan Cina di Asia Pasifik.
Kata Kunci : Amerika Serikat, Pivot to Asia, Balance of Power

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KEBIJAKAN PIVOT TO ASIA AMERIKA SERIKAT DI KAWASAN ASIA PASIFIK TAHUN 2009-2014
Pengarang Rahmat Ramadhan - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua