PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS X DI SMK TI LABBAIKA SAMARINDA TAHUN PELAJARAN 2015/2016
ABSTRAK
Khairun Nisa, Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas X Di SMK TI Labbaika Samarinda Tahun Pelajaran 2015/2016. Di
bawah bimbingan Drs. Nanang Rijono, M.Pd sebagai Pembimbing I dan Drs. Kadori Haidar, MM sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas X di SMK TI Labbaika Samarinda.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, yang bertempat di SMK TI Labbaika Samarinda. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X dengan jumlah 23 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus yang mana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan untuk menilai hasil belajar siswa melalui tes tertulis dan menilai keaktivan siswa melalui observasi. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, tes tertulis dan wawancara. Analisis data menggunakan rumus mean, persentase dan rumus peningkatan, kemudian diukur kriteria keberhasilan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick pada mata pelajaran IPS di SMK TI Labbaika Samarinda berlangsung dengan baik dan dapat membantu siswa dalam mengikuti proses pembelajaran teori yang mempelajari tentang ilmu sosial. Keaktifan siswa dalam mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran talking stick di SMK TI Labbaika Samarinda tergolong dalam kategori sangat tinggi. Keaktifan belajar siswa terdiri dari 9 indikator. Pada pra siklus 9 indikator tersebut belum ada yang mencapai kriteria minimal yaitu 80%.
Secara keseluruhan, persentase skor keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siklus I sebesar 75,5%, siklus II sebesar 79,9% dan siklus III sebesar 86,9%. Pada penelitian kelas yang dilaksanakan ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dari sebelum penerapan dan sesudah penerapan model pembelajaran talking stick. Pada pra siklus siswa yang tuntas KKM sebanyak 34,78%, siklus I meningkat menjadi 47,83%, siklus II meningkat menjadi 82,6% dan siklus III seluruhnya sudah mampu mencapai KKM (100%). Jadi peningkatan hasil belajar dari sebelum diberi tindakan ke setelah diberi tindakan sebesar 65,22%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS.
Kata Kunci: Talking Stick, Aktivitas dan Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS X DI SMK TI LABBAIKA SAMARINDA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 |
---|---|
Pengarang | KHAIRUN NISA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY