Detail Cantuman Kembali
ANA FAKHRUNNISA - Personal Name

PEMANFAATAN RESIN Ca-ALGINAT TERMODIFIKASI KITOSANHEKSASIANOFERRAT(II) SEBAGAI MATERIAL PENGISI KOLOM DALAM TAHAPAN PRAKONSENTRASI ION Cu(II)

ABSTRAK
Prakonsentrasi ion Cu(II) menggunakan resin Ca-alginat-kitosan- eksasianoferrat (II) sebagai material pengisi kolom telah dilakukan. Metode prakonsentrasi dilakukan dengan menggunakan kolom yang berisikan resin Ca-alginat-kitosanheksasianoferrat(II) yang diaktivasi pada pH 1. Kondisi optimum untuk kinerja analitik dalam tahapan prakonsentrasi ini adalah volume sampel sebanyak 5 mL yang dapat dielusi secara kuantitatif dengan eluen HNO 1 M dengan volume 3 mL.
Kinerja analitik pengukuran metode ini sangat baik, ditunjukkan dengan pengukuran nilai batas deteksi adalah 10,8 µg/L, nilai kebolehulangan dinyatakan sebagai persentase koefisien variansi adalah 2,41 %. Penggunaan Ca-alginat-kitosanheksasianoferrat (II) sebagai resin pengisi kolom dapat meningkatkan signal sebesar 2,18 kali dalam pengukuran Cu(II). Metode ini memiliki akurasi cukup baik dengan menggunakan teknik spike memberikan nilai persen perolehan kembali > 95%, menunjukkan bahwa matriks sampel air Sungai Mahakam, sumur bor dan Sungai Karang Mumus tidak mempengaruhi hasil pengukuran dan dapat digunakan untuk analisis Cu(II) dalam sampel air pada tingkat runut.

Kata Kunci : Cu(II), Prakonsentrasi, Resin Ca-alginat-kitosan-heksasianoferrat(II)

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PEMANFAATAN RESIN Ca-ALGINAT TERMODIFIKASI KITOSANHEKSASIANOFERRAT(II) SEBAGAI MATERIAL PENGISI KOLOM DALAM TAHAPAN PRAKONSENTRASI ION Cu(II)
Pengarang ANA FAKHRUNNISA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua