Detail Cantuman Kembali
SITI NURBAYAH - Personal Name

ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL HABIBIE & AINUN KARYA BACHARUDDIN JUSUF HABIBIE

ABSTRAK
Siti Nurbayah, 2016. Analisis Sosiologi Sastra Novel Habibie dan Ainun Karya Bacharuddin Jusuf Habibie. Dibimbing oleh Drs. Syaiful Arifin, M.Hum dan Drs. H. Akhmad Murtadlo, M.Pd.
Kata Kunci : Novel, Sosiologi Sastra
Masalah yang diangkat dalam penelitan ini ialah bagaimana latar, tokoh dan penokohan, alur, dan amanat serta bagaimana aspek sosiologi sastra yang terdiri dari fakta sosial, lembaga sosial, perubahan sosial dan lembaga sosial di dalam novel Habibie dan Ainun.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar, tokoh dan penokohan, alur dan amanat dan serta sosiologi sastra yang terdapat pada novel Habibie dan Ainun karya Bacharuddin Jusuf Habibie.
Jenis penelitan ini adalah penelitian kualitatif dan metode yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan analisis data dengan cara membaca cepat, mencatat dan menganalisis data.
Hasil penelitian terhadap sosiologi sastra novel Habibie & Ainun, penulis menemukan objek sosiologi sastra yang meliputi fakta sosial, perubahan sosial, lembaga sosial dan sejarah sosial. Fakta sosial adalah fakta yang terjadi di masyarakat, seperti fakta peristiwa, nama, tempat dan waktu terjadinya peristiwa. Perubahan sosial berupa perubahan yang terjadi karena reformasi dan meningkatnya pendapatan sebuah keluarga. Lembaga sosial adalah lembaga atau organisasi yang ada di masyarakat seperti lembaga agama, hukum, pendidikan dan ekonomi. Objek sosiologi sastra yang terakhir adalah sejarah sosial yang merupakan sejarah yang terjadi di masyarakat pada masa lampau, seperti pembuatan Pesawat N-250 dan peristiwa “Malari”.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL HABIBIE & AINUN KARYA BACHARUDDIN JUSUF HABIBIE
Pengarang SITI NURBAYAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua