Detail Cantuman Kembali
Iskandar - Personal Name

PENGARUH PENYULUH PERIKANAN TERHADAP PENGEMBANGAN KELOMPOK BUDIDAYA RUMPUT LAUT DI KELURAHAN SUNGAI PARIT KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA

ISKANDAR, 2017. Pengaruh penyuluh perikanan terhadap pengembangan kelompok budidaya rumput laut Kelurahan Sungai Parit Kabupaten Penajam Paser Utara (dibimbing oleh Fitriyana dan Nurul Ovia Oktawati).
Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Sungai Parit Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara pada bulan Oktober 2016-Mei 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluh perikanan dalam hal pembinaan terhadap pengembangan kelompok budidaya rumput laut di Kelurahan Sungai Parit Kabupaten Penajam Paser Utara.
Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok budidaya rumput laut di Kelurahan Sungai Parit dan penyuluh perikanan. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan berupa analisis kuantitatif yaitu dengan menggunakan skala likert untuk mengukur indikator dari variabel-variabel yang telah ditentukan dengan memberi bobot skor untuk setiap indikator pengukurannya. Hasil perhitungan dari skor atau nilai kemudian digunakan dalam analisis statistik regresi liner berganda untuk membuktikan pengaruh antar variabel independen yaitu Kompetensi (X1), Motivasi (X2), dan Kemandirian (X3) terhadap variabel dependen yaitu Pengembangan Kelompok Budidaya Rumput Laut (Y).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji simultan antara variabel Kompetensi (X1), Motivasi (X2), Kemandirian (X3) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Pengembangan Kelompok Budidaya Rumput Laut (Y) di Kelurahan Sungai Parit, sedangkan untuk uji parsial variabel Kompetensi (X1) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Pengembangan Kelompok Budidaya Rumput Laut (Y), sedangkan variabel Motivasi (X2) dan variabel Kemandirian (X3) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Pengembangan Kelompok Budidaya Rumput Laut (Y) di Kelurahan Sungai Parit.


Kata Kunci : Peran, Pengaruh Penyuluh Perikanan, Pengembangan Kelompok Budidaya Rumput Laut.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PENYULUH PERIKANAN TERHADAP PENGEMBANGAN KELOMPOK BUDIDAYA RUMPUT LAUT DI KELURAHAN SUNGAI PARIT KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA
Pengarang Iskandar - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua