PENGARUH KONSEP DIRI DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS XI SMK KESEHATAN SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016
ABSTRAK
Rahman, Hadi Nur. 2017. Pengaruh Konsep Diri dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Kesehatan Kota Samainda Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Matematika, Jurusan Pedidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (1) Dr. Azainil, M.Si dan (2) Dra. Ariantje Dimpudus, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Kesehatan Kota Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah Ex Post Facto. Dalam penelitian terdapat dua variabel bebas, yaitu konsep diri (X1) dan kecerdasan interpersonal (X2), dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar matematika siswa (Y). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMK Kesehatan Samarinda yang berjumlah 189 siswa, teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen angket konsep diri dan kecerdasan interpersonal, serta tes hasil belajar matematika.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS. Dari hasil analisis secara deskriptif diketahui bahwa skor rata-rata untuk variabel konsep diri adalah 66,36 skor rata-rata variabel kecerdasan interpersonal adalah 72.09 dan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa adalah 66.53. Sedangkan hasil analisis inferensial melalui regresi linier ganda dengan persamaan: Ŷ= 26,946+ 0,305X1 + 0,268X2, yang berarti nilai rata-rata hasil belajar matematika diperkirakan akan meningkat sebesar 0,305 untuk peningkatan skor angket konsep diri sebesar satu satuan dengan asumsi kecerdasan interpersonal siswa konstan dan akan meningkat sebesar 0,268 untuk peningkatan skor angket kecerdasan interpersonal siswa sebesar satu satuan dengan asumsi konsep diri konstan.
Dengan α = 0,050 diperoleh nilai Fhitung =19,872 lebih besar dari Ftabel =3,00 yang menunjukkan bahwa persamaan regresi signifikan dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,176 yang berarti kontribusi variabel X1 dan X2 terhadap Y sebesar 17,6%. Koefisien korelasi parsial X1 adalah 0,276 ini berarti kontribusi variabel X1 terhadap Y sebesar 27,6%. Koefisien korelasi parsial X2 adalah 0,275 ini berarti kontribusi variabel X2 terhadap Y sebesar 27,5%. Untuk konsep diri diperoleh thit = 3,912 lebih dari ttabel = 1,97 pada α = 0,050. Sedangkan untuk aktivitas belajar diperoleh thit = 3,895 lebih dari ttabel = 1,97 pada α = 0,050. Berdasarkan hasil analisis data maka disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Konsep Diri dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Kesehatan Kota Samainda Tahun Ajaran 2015/2016.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH KONSEP DIRI DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS XI SMK KESEHATAN SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016 |
---|---|
Pengarang | HADI NUR RAHMAN - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY