Detail Cantuman Kembali
AGUS SETIAWAN - Personal Name

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LOA KULU YANG DIBERI TUGAS SECARA KOLOMPOK DAN INDIVIDU DALAM BIDANG STUDI EKONOMI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

ABSTRAK
AGUS SETIAWAN, 2012, Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Loa Kulu Yang Diberi Tugas Secara Kelompok dan Individu Dalam Bidang Studi Ekonomi Tahun Pelajaran 2011/2012. Dibawah bimbingan Bapak Drs. H. Sujiman,M.Pd selaku pembimbing I dan Sudarman,M.Pd selaku pembimbing II.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa yang diberikan tugas secara kelompok dan siswa yang diberikan tugas secara individu pada kelas VIII SMP Negeri 2 Loa Kulu?”. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa dengan metode pemberian tugas kelompok, untuk mengetahui prestasi belajar siswa dengan metode pemberian tugas secara individu dan untuk mengetahui signifikansi perbedaan prestasi belajar siswa yang diberikan tugas perkelompok dan siswa yang diberikan tugas secara individu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian komperatif yang bertujuan membandingkan hasil belajar dari dua kelas. Penelitan ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Loa Kulu dengan 2 sumber data yang meliputi kelas VIII A dan kelas VIII B. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik eksperimen sebagai metode pokok sedangkan observasi, tes dan dekumentasi sebagai metode pelengkap. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik perhitungan t-tes.
Dari hasil penelitian diperoleh gambaran pemberian tugas secara kelompok sama saja dengan pemberian tugas secara individu pada kelas VIII SMP Negeri 2 Loa Kulu. Ini disebabkan setelah peneliti melakukan perhitungan dengan menggukan t-test didapat tc (t hitung)= 121 sedangkan tt (t tabel) = 2.013 maka diketahui tc (t hitung )lebih kecil dari tt (t tabel) dapat diartikan tidak ada perbedaan yang signifikan antara pemberian tugas secara kelompok dan individu dengan rata-rata pemberian tugas kelompok=76.46 dan tugas individu= 74.79. Dikarenakan pemberian tugas secara kelompok yang dilakukan guru selama ini idak menggunakan syarat-syarat yang tentukan untuk pemberian tugas kelompok.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LOA KULU YANG DIBERI TUGAS SECARA KOLOMPOK DAN INDIVIDU DALAM BIDANG STUDI EKONOMI TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Pengarang AGUS SETIAWAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2013
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua