Detail Cantuman Kembali
MUSLIM RAMADHAN - Personal Name

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DENGAN MENGGUNAKAN KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA KARTU ANGKA 1-10 PADA KELOMPOK A TK HIDAYAH TAHUN AJARAN 2014/2015

ABSTRAK
MUSLIM RAMADHAN, 2015. “ Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak menggunakan Konsep Bilangan Melalui Media Kartu Angka 1 - 10 Pada Anak Kelompok A TK Hidayah Samarinda Tahun Ajaran 2014/2015”. Dosen Pembimbing I : Dr. H. Yudo Dwiyono, M.Si dan Dosen Pembimbing II : Dra. Warsinah, M.Pd

Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Konsep Bilangan Kartu Angka
Rumusan masalah yang di teliti yaitu Bagaimana Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Konsep Bilangan Pada Kelompok A di TK Hidayah Samarinda Tahun Ajaran 2014/2015?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kegiatan menggunakan konsep bilangan melalui media kartu angka pada kelompok A di TK Hidayah Samarinda Tahun ajaran 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dan dilaksanakan melalui dengan dua tindakan siklus yang terdiri dari tindakan siklus I, siklus II dan siklus III. Subjek dalam penelitian ini adalah Anak kelompok A di TK Hidayah Samarinda pada tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 13 anak dan 1 orang guru pendamping. Sedangkan Objek dari penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak melalui kegiatan konsep bilangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data untuk memperoleh data dengan
menjumlah, mencari dan presentasi agar mudah di baca dengan menggunakan tabel. Sedangkan indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%.
Berdasarkan Analisis data bahwa kemampuan mengenal kognitif pada anak dapat disimpulkan melalui permainan angka pada anak kelompok A TK Hidayah Samarinda tahun pembelajaran 2014/2015. Peningkatan tersebut terbukti pada siklus I memperoleh nilai kemampuan rata-rata anak sebesar 8,5 dengan persentase 65,30%, pada siklus II kemampuan rata-rata 10,69 dengan persentase 82,23% dan pada siklus III diperoleh nilai kemampuan rata-rata anak 11,59 dengan perentase 89%. Dari perbandingan siklus I dan siklus II maka mengalami peningkatan rata-rata yaitu 2,9 dengan persentase 16,93% dan selanjutnya pada siklus II ke siklus III mengalami peningkatan rata-rata 0,9 dengan perentase 6,77%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa melalui kegiatan konsep bilangan dapat meningkatkan keterampilan kognitif anak menggunakan konsep bilangan media kartu angka 1 – 10 pada kelompok A di TK Hidayah Samarinda Tahun Ajaran 2014/2015.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DENGAN MENGGUNAKAN KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA KARTU ANGKA 1-10 PADA KELOMPOK A TK HIDAYAH TAHUN AJARAN 2014/2015
Pengarang MUSLIM RAMADHAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua