Detail Cantuman Kembali

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN ANAK MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN AJARAN 2014/2015 DI TK KRISTEN SUNODIA

ABSTRAK
Bonefasia Resty Yunisaptanti,2015. Peningkatan Kemampuan Berbahasa Lisan Melalui Metode Bercakap-cakap Dengan Media Gambar Berseri Pada Anak Usia 5-6 Tahun Ajaran 2014/2015 Di TK Kristen Sunodia.Pembimbing I: Drs.H.Eddy Subandridjo M.Pd dan Pembimbing II: Iksam S.Pd,M.Pd

Kata Kunci : Kemampuan Berbahasa Lisan, Metode Bercakap-cakap dengan media gambar berseri
Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbahasa anak yang belum sesuai harapan guru maupun orang tua, masih ada anak yang belum mampu bersosialisasi dalam mengkomunikasikan pikiran dan perasaan secara verbal kepada lingkungan sekitarnya dan rendahnya kemampuan anak dalam berbahasa lisan, Rumusan masalah yang muncul adalah bagaimana cara meningkatkan berbahasa lisan melalui pelaksanaan metode bercakap-cakap pada anak usia 5-6 tahun di TK Kristen Sunodia Samarinda pada tahun pelajaran 2014/2015. Dengan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan melalui pelaksanaan metode bercakap-cakap dengan media gambar seri pada anak usia 5-6 tahun di TK Kristen Sunodia Samarinda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)yang memiliki empat tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Data penelitian dikumpulkan melalui 3 tindakan pelaksanaan siklus yang terdiri dari pertemuan 1 dan pertemuan 2 dalam setiap siklus. Subjek penelitian dilakukan di TK Kristen Sunodia Samarinda Kelas B Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas B yang berjumlah 20 anak.Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan metode observasi, tanya jawab dan evaluasi dengan menggunakan teknik analisis statistik analisis data untuk mengolah karakteristik dan dengan cara menjumlah, mencari rata-rata, titik tengah dan persentase, sedangkan indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 81 %.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada setiap aspek penilaian anak mulai dari penelitian pada siklus I jumlah 960 rata-rata 60 (41-60) kriteria C (cukup),siklus II jumlah 1220 rata-rata 61 (61-80) kriteria B (baik)dan siklus III jumlah 1361 rata-rata 69 (61-80) kriteria B (baik).
Kesimpulan dari penelitian bahwa kemampuan berbahasa lisan anak di TK Kristen Sunodia Samarinda pada anak usia 5-6 tahun di tahun ajar 2014/2015 melalui penerapan metode bercakap-cakap dengan menggunakan media gambar berseri meningkat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN ANAK MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN AJARAN 2014/2015 DI TK KRISTEN SUNODIA
Pengarang BONEFASIA RESTY YUNISAPTANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua