Detail Cantuman Kembali
AMANDA RIZKY SANTOSO - Personal Name

PELAKSANAAN FUNGSI LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (LPM) DALAM PEMBANGUNAN DI KELURAHAN RAWA MAKMUR KECAMATAN PALARAN KOTA SAMARINDA

ABSTRAK
Amanda Rizky Santoso, Pelaksanaan Fungsi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam Pembangunan di Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran Kota Samarinda, dibawah bimbingan Bapak Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si dan Bapak Drs. H. Burhanudin, M.Si.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan fungsi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam pembangunan di Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran Kota Samarinda dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan fungsi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam pembangunan di Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran Kota Samarinda.
Metode penelitian ini yaitu pada jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ditetapkan: menanamkan dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan masyarkat, mengkordinasikan perencanaan pembangunan yang bersumber dari masyarakat, mengkoordinasikan lembaga/organisasi yang ada di Kelurahan, perencanaan kegiatan pembangunan secara partisipatif dan terpadu, menggali pemanfaatan sumber daya serta potensi yang ada untuk kepentingan pembangunan di Kelurahan, menumbuh kembangkan kemampuan dan kemauan masyarakat terhadap adanya perubahan menuju kearah pembangunan dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat. Sumber data yang di gunakan adalah sumber data primer dan sekunder . Teknik pengumpulan data di lakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumen-dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif.
Hasil penelitian menyatakan bahwa Pelaksanaan Fungsi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat merupakan pelaksanaan fungsi dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat sesuai yang telah di tetapkan dalam Peraturan Daerah Kota Samarinda Nonor 11 Tahun 2004 Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Pemberdayaan Masyarakat. Di ketahui bahwa pelaksanaan fungsi LPM belum berjalan dengan baik ini dibuktikan dengan permasalahan pembangunan yang belum merata dan kurangnya upaya LPM dalam menggerakan gotong royong serta swadaya masyarkat dalam pembangunan dan bukti tersebut di dukung dari pernyataan pihak yang terkait.
Kata Kunci: Fungsi LPM, Pembangunan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PELAKSANAAN FUNGSI LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (LPM) DALAM PEMBANGUNAN DI KELURAHAN RAWA MAKMUR KECAMATAN PALARAN KOTA SAMARINDA
Pengarang AMANDA RIZKY SANTOSO - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua