Detail Cantuman Kembali
ROBII’ATUL ADAWIYYAH - Personal Name

HUBUNGAN TIPE POLA ASUH ORANGTUA DENGAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA REMAJA DI SMA ISLAM SAMARINDA

INTISARI
Kecenderungan remaja tentang hubungan seksual mengalami banyak perubahan. Perubahan-perubahan itu terjadi dikarenakan iklim sosial saat ini yang membuat pola pergaulan anak muda sekarang makin permisif. Dulu orang menganggap kalau seks dilakukan setelah menikah. Sekarang perilaku seks ringan terkesan sebagai suatu yang lumrah. Kecenderungan perilaku seksual yang buruk dewasa ini salah satunya dipengaruhi oleh pola asuh orang tua yang salah dalam membesarkan remaja. Banyak orangtua tidak memberikan informasi mengenai seks dan kesehatan reproduksi kepada anaknya, karena takut hal tersebut justru akan meningkatkan terjadinya hubungan seks bebas di kalangan remaja. Orangtua juga beranggapan bahwa seks merupakan hal yang tak perlu untuk dibicarakan.
Pendidikan seks yang kurang menyebabkan anak mencari informasi di luar yang justru dapat menjerumuskan dan merugikan mereka sendiri. Keingintahuan remaja mengenai kehidupan seksual menuntut mereka untuk mencari informasi mengenai seks dari berbagai sumber seperti media sosial dan media elektronik yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi.
Hasil penelitian ini menggunakan tiga jenis pola asuh orangtua yaitu pola asuh otoriter, pola asuh permisif, dan pola asuh demokratis. Korelasi antara variabel seksual pranikah dengan pola asuh otoriter nilai korelasinya -0.217 dan nilai p=0.564 yang menunjukkan hubungan tidak signifikan karena p>0.05, pada variabel perilaku seksual pranikah dengan pola asuh permisif diketahui nilai korelasi -0.060 dan nilai p=0.634 yang menunjukkan hubungan tidak signifikan karena p>0,05, adapun variabel perilaku seksual pranikah dengan pola asuh demokratis menunjukkan nilai korelasi -0.204 dan nilai p=0.100 yang menunjukkan hubungan tidak signifikan karena p>0.05. Dengan demikian ketiga hipotesis Ha tersebut ditolak, yang berarti tidak ada hubungan antara tipe pola asuh orangtua dengan perilaku seksual pranikah remaja di SMA Islam Samarinda.
Kata Kunci: Pola Asuh Orangtua, Perilaku Seksual Pranikah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN TIPE POLA ASUH ORANGTUA DENGAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA REMAJA DI SMA ISLAM SAMARINDA
Pengarang ROBII’ATUL ADAWIYYAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua