Detail Cantuman Kembali
ANDI RAHMAH TENRI AJENG - Personal Name

KECEMASAN PASIEN DAN DUKUNGAN KELUARGA PADA PENDERITA KANKER SERVIKS ( wanita penderita kanker serviks di samarinda )

INTISARI
Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana kecemasan dan dukungan keluarga pada penderita kanker serviks. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan teknik sampel purposeful, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara mendalam dengan keempat subjek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada keempat subjek memiliki rasa kecemasan dan dukungan keluarga yang berbeda dalam menghadapi kanker serviks yang mereka derita. Pada subjek RA mengalami cirri-ciri kecemasan seperti gelisah, jantung berdegub kencang dan beberapa cirri lainnya namun keluarga mendukung penuh selama masa pengobatan sehingga RA merasa sangat terbantu dan penyemangat RA untuk hidup. Subjek SW mengalami kecemasan seperti sering merasa gugup serta khawatir tentang biaya pengobatan namun anak SW memberikan dukungan sehingga merasa tidak sia-sia membesarkan mereka. Subjek APP
mengalami kecemasan seperti sering merasa bergetar serta bermimpi buruk namun keluarga juga mendukung SW sehingga SW merasa senang. Subjek NF mengalami kecemasan karena efek kemo dan takut tidak dapat sembuh namun NF merasa tidak didukung oleh keluarga dari pihak suaminya sehingga NF merasa pasrah jika nantinya tidak dapat sembuh.
Kata Kunci : kecemasan, dukungan keluarga, kanker serviks

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KECEMASAN PASIEN DAN DUKUNGAN KELUARGA PADA PENDERITA KANKER SERVIKS ( wanita penderita kanker serviks di samarinda )
Pengarang ANDI RAHMAH TENRI AJENG - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua