Detail Cantuman Kembali
DEWI PERMATASARI - Personal Name

PENOLAKAN KOREA SELATAN UNTUK BERGABUNG KE DALAM SISTEM PERTAHANAN RUDAL AMERIKA SERIKAT DI ASIA TIMUR

ABSTRAK
Dewi Permatasari, NIM 1102045057, dengan skripsi berjudul: “Penolakan Korea Selatan Untuk Bergabung Ke Dalam Sistem Pertahanan Rudal Amerika Serikat Di Asia Timur”, dibawah bimbingan Enny Fathurachmi, S.IP.,M.Si selaku pembimbing I dan Yuniarti, S.IP.,M.Si selaku pembimbing II, Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, tahun 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang melatar belakangi keputusan Korea Selatan menolak untuk bergabung ke dalam sistem pertahanan rudal Amerika Serikat di Asia Timur. Masalah ini di analisis dengan menggunakan teori pembuat keputusan (Decision Making Theory). Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatif, dimana penulis menjelaskan alasan dari keputusan Korea Selatan menolak untuk bergabung ke dalam sistem pertahanan rudal Amerika Serikat di Asia Timur. Data-data yang disajikan adalah data sekunder yang diperoleh melalui telaah pustaka dan literatur-literatur seperti buku, jurnal, internet, dan lain-lain. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif yakni dengan menganalisa data sekunder atau sumber-sumber pustaka untuk menjelaskan fenomena atau kejadian yang terjadi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan Korea Selatan menolak bergabung ke dalam sistem pertahanan rudal Amerika Serikat di Kawasan Asia Timur didasarkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah penolakan dari masyarakat Korea Selatan yang tidak menyetujui Korea Selatan bergabung ke dalam sistem pertahanan rudal tersebut Karena akan dapat merusak semua tujuan, dan kepentingan nasional seperti menciptakan perdamaian di kawasan Semenanjung Korea dan reunifikasi antar Korea. Faktor eksternalnya adalah dari hubungan antara Korea Selatan dan Cina.
Kata Kunci : Anti-Misil Balistik, Amerika Serikat, Asia Timur, Korea Selatan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENOLAKAN KOREA SELATAN UNTUK BERGABUNG KE DALAM SISTEM PERTAHANAN RUDAL AMERIKA SERIKAT DI ASIA TIMUR
Pengarang DEWI PERMATASARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua