Detail Cantuman Kembali
ANNISA MINAL NOOR - Personal Name

REAKSI JEPANG DAN KOREA SELATAN TERHADAP PENETAPAN AIR DEFENSE IDENTIFICATION ZONE (ADIZ) OLEH CINA DI LAUT CINA TIMUR

ABSTRAK
Annisa Minal Noor, NIM 1102045020, dengan skripsi berjudul: “Reaksi Jepang dan Korea Selatan terhadap Penetapan Air Defense Identification Zone (ADIZ) oleh Cina di Laut CinaTimur”, dibawah bimbingan Enny Fathurachmi, S.IP.,M.Si selaku pembimbing I dan Chairul Aftah, S.IP.,MIA selaku pembimbing II, Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan dan bentuk reaksi penolakan dari Jepang dan Korea Selatan terhadap ADIZ Cina di Laut CinaTimur. Masalah ini dianalisis dengan menggunakan teori Rational Choice dan konsep Security Dilemma. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksplanatif, dimana penulis menjelaskan bagaimana reaksi atas penolakan Jepang dan Korea Selatan terhadap ADIZ Cina di Laut Cina Timur. Data-data yang disajikan adalah data sekunder yang diperoleh melalui telaah pustaka dan literatur-literatur seperti buku,jurnal, internet, dan lain-lain. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif yakni dengan menganalisa data sekunder atau sumber-sumber pustaka untuk menjelaskan fenomena atau kejadian yang terjadi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa alasan dan bentuk reaksi penolakan oleh Jepang dan Korea Selatan terhadap ADIZ Cina di Laut Cina Timur didasarkan atas tindakan rasional kedua negara. Adapun tindakan yang dilakukan oleh Jepang yaitu dengan melakukan operasi penerbangan militer serta penguatan aliansi dengan AS. Sedangkan Korea Selatan dengan melakukan perluasan pada ADIZ negaranya.
Kata Kunci : ADIZ, Cina, Jepang, Korea Selatan, Laut Cina Timur, Kawasan Asia Timur

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul REAKSI JEPANG DAN KOREA SELATAN TERHADAP PENETAPAN AIR DEFENSE IDENTIFICATION ZONE (ADIZ) OLEH CINA DI LAUT CINA TIMUR
Pengarang ANNISA MINAL NOOR - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua