Detail Cantuman Kembali
RAGIL KURNIAWAN - Personal Name

KINERJA KEPOLISIAN DALAM PENANGANAN KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDY KASUS DI POLISI RESOR SAMARINDA)

Abstrak
Ragil Kurniawan, Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman 2011. Kinerja Kepolisian Dalam Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas (Study Kasus di Polisi Resor Samarinda)., dibawah bimbingan Dr. H. M. Jamal Amin, M.Si selaku Dosen pembimbing pertama, dan Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos., MM selaku Dosen pembimbing kedua.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan Kinerja Kepolisian Dalam Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas (Study Kasus di Polisi Resor Samarinda) Analisis data yang di gunakan adalah analisis data kualitatif yang di awali dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan penelitian kepustakaan, penelitian kelapangan yaitu dengan pengumpulan data melalui kegiatan observasi, penelitian, wawancara dokumentasi untuk mendapatkan data yang lebih jelas sesuai dengan yang dibutuhkan dalam penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan Kinerja Kepolisian Dalam Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas (Study Kasus di Polisi Resor Samarinda) sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari empat aspek, yaitu : (1) Pelaporan Kecelakaan Lalu lintas.
Kemampuan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan dapat menunjukkan keprofesionalan petugas dalam melakukan penanganan penerimaan laporan kecelakaan lalu lintas sehingga dapat membangun citra positif dalam masyarakat. (2) Mendatangi tempat kejadian perkara. Apabila ada laporan masuk mengenai kecelakaan lalu lintas yang terjadi, maka Satlantas Polres Samarinda akan mengirimkan petugas ke lokasi kejadian segera. (3) Menolong Korban Kecelakaan. Saat petugas Satlantas tiba dilokasi kecelakaan, maka petugas akan menolong korban yang sakit, dan apabila akan diantarkan kerumah sakit. (4) Penyidikan Kecelakaan Lalu Lintas. Pelaksanaan penyidikan dilakukan untuk mencari, mengumpulkan, mengevaluasi, bukti petunjuk, keadaan,keterangan serta identitas tersangka umtuk membantu proes penyidikan lebih lanjut.
Meskipun kualitas Satlantas dalam menangani kecelakaan lalu lintas di kota Samarinda sudah dapat dikatakan baik. Namun masih diperlukan beberapa upaya yang dapat dijadikan masukan seperti lebih intensif dalam melakukan patroli lalu lintas, membuat aturan yang jelas mengenai kecelakaan lalu lintas yang tidak dilaporkan ke kepolisian dan mempermudah korban kecelakaan untuk mengurus berkas-berkas administrasi kecelakaan serta peningkatan koordinasi dalam bentuk rapat dengan Dinas perhibungan, Bina Marga dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan kota Samarinda untuk kelayakan fasilitas jalan.
Kata Kunci : Kinerja Kepolisian, Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KINERJA KEPOLISIAN DALAM PENANGANAN KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDY KASUS DI POLISI RESOR SAMARINDA)
Pengarang RAGIL KURNIAWAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua