Detail Cantuman Kembali
TAMYIS ADE RAMA - Personal Name

PENGARUH KEPUASAN KERJA, KEADILAN ORGANISASI, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) (Pada Pegawai Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur)

Organizational citizenship behavior (OCB) terhadap perusahaan pada dasarnya berawal dari adanya perasaan puas pada diri pegawai terhadap pekerjaannya dan perilaku atasan dalam mengambil keputusan sehingga pegawai merasa diperlakukan secara adil, serta keinginan untuk tetap menjadi bagian anggota organisasi dengan menerima nilai dan tujuan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kepuasan kerja, keadilan organisasi, dan komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior pada Pegawai Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur. Subjek penelitian ini adalah pegawai Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur dengan jumlah sampel sebanyak 78 pegawai. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala organizational citizenship behavior, skala kepuasan kerja, skala keadilan organisasi, dan skala komitmen organisasi. Keempat skala tersebut disusun dengan penskalaan model Likert dan analisis statistiknya menggunakan bantuan program komputer SPSS (Statistical Packages for Social Science) versi 20.0 for windows.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepuasan kerja, keadilan organisasi, dan komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior pegawai yaitu dengan nilai F = 6.759, R2 = 0.215, dan p = 0.000. Pada kepuasan kerja tidak terdapat pengaruh terhadap organizational citizenship behavior pegawai dengan nilai beta = 0.038, t = 0.307, dan p = 0.759. Pada keadilan organisasi terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior pegawai dengan nilai beta = 0.274, t = 2.353, dan p = 0.021. Pada komitmen organisasi terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior pegawai dengan nilai beta = 0.251, t = 2.006, dan p = 0.048.

Kata kunci: organizational citizenship behavior, kepuasan kerja, keadilan organisasi, dan komitmen organisasi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KEPUASAN KERJA, KEADILAN ORGANISASI, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) (Pada Pegawai Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur)
Pengarang TAMYIS ADE RAMA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua