PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN KEGIATAN MELIPAT ORIGAMI DIKELOMPOK B PAUD MAWAR MERAH ANGGANA TAHUN AJARAN 2014/2015
ABSTRAK
Annisa’ul Shaaliha. 2015. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Dengan Kegiatan Melipat Origami di Kelompok B TK Mawar Merah Anggana Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Jurusan Pendidikan PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mulawarman. Samarinda. Pembimbing 1. Drs. M. Rifai Ilyas M.Kes dan Pembimbing II
Drs. H. Kusdar, S.Ps. M.Ag
Kata Kunci : Motorik Halus, Kegiatan Melipat Origami
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan fisik motorik anak khususnya motorik halusnya. Dalam proses pembelajarannya tidak ada dan cukupnya penggunaan alat ayaupun bahaan ajar yang dapat mengasah kemampuan motorik halus anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B dengan kegaiatan melipat origami di Paud Mawar Merah Anggana Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan kegiatan melipat origami di kelompok B Paud Mawar Merah Anggana Tahun Pembelajaran 2014/2015. Manfaat penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan motorik halus anak serta sebagai bahan evaluasi dan referensi dalam pembelajaran agar lebih baik lagi dan dapat
memotivasi guru dan anak untuk pembelajaran yang lebih efektif lagi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), prosedur penelitian yang digunakan adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan tiga siklus dan tiap siklusnya dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B di Paud Mawar Merah Anggana sebanyak 7 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan dan objek penelitian ini adalah kegiatan melipat origami.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kegiatan melipat origami dapat meningkatkan kemampuan motorik halus siswa kelompok B. hal ini terbukti dari adanya peningkatan rata-rata pada setiap siklusnya. Kemampuan motorik halus anak dengan menggunakan kegiatan melipat origami pada siklus I yaitu 47% kurang, siklus II 53% cukup, dan siklus III 88% baik, yang berarti telah mencapai keberhasilan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak dengan menggunakan kegiatan melipat origami telah meningkat, dan penelitian ini dapat dikatakan berhasil.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN KEGIATAN MELIPAT ORIGAMI DIKELOMPOK B PAUD MAWAR MERAH ANGGANA TAHUN AJARAN 2014/2015 |
---|---|
Pengarang | ANNISA’UL SHAALIHA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY