Detail Cantuman Kembali
Dewi Sartika - Personal Name

PERSEPSI MASYARAKAT NELAYAN BAGAN TANCAP( Lift net)TERHADAP POLA KERJA PONGGAWADITANJUNG JUMLAI KELURAHAN SALOLOANG KECAMATAN PENAJAM KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA

Dewi Sartika, 2017. Persepsi Masyarakat Nelayan Bagan Tancap (Lift net) Terhadap Pola Kerja Ponggawa Di Tanjung Jumlai Kelurahan Saloloang Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (dibimbing oleh Said Abdusysyahid dan Ristiana Eryati).
Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi masyarakat nelayan Bagan Tancap (lift net) terhadap pola kerja ponggawa dan mengetahui pola kerja ponggawa terhadap pola kerja ponggawa terhadap hasil tangkapan Bagan Tancap.Penelitian ini di laksanakan di Tanjung Jumlai Kelurahan Saloloang Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara sejak bulan Desember sampai April 2017.Sampel diambil berdasarkan metode sensus karena nelayan Bagan Tancap di Kelurahan Saloloang berjumlah 35 nelayan Bagan Tancap.Data dianalisis dengan mengintregrasikanpendekatan kualitatif bertujuan mengetahui gambaran pola kerja ponggawa dan Pendekatan kuantitatif bertujuan mengetahui persepsi masyarakat terhadap pola kerja ponggawa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola kerja ponggawa dengan nelayan di Tanjung Jumlai Kelurahan Saloloang adalah bentuk kerjasama yang bersifat patron – klien.Hubungan tersebut terjalin secara vertikal ponggawa dan nelayan dimana memberikan bantuan kepada nelayan dalam aspek ekonomi (produksi dan pemasaran) dan aspek sosial. Skala rata-rata 8 indikator persepsi adalah 1.495 yang artinya persepsi masyarakat nelayan Bagan Tancap (lift net) terhadap pola kerja ponggawa di Tanjung Jumlai Kelurahan Saloloang Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara termasuk dalam kategori sedang.

Kata kunci : Persepsi, nelayan, Bagan Tancap, ponggawa

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERSEPSI MASYARAKAT NELAYAN BAGAN TANCAP( Lift net)TERHADAP POLA KERJA PONGGAWADITANJUNG JUMLAI KELURAHAN SALOLOANG KECAMATAN PENAJAM KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA
Pengarang Dewi Sartika - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua