Detail Cantuman Kembali

PENURUNAN PARAMETER KEKERUHAN, TSS DAN TDS DENGAN VARIASI UNIT FLOKULASI

Mahakam merupakan sungai terbesar di Provinsi Kalimantan Timur yang bermuara di Selat Makasar dengan panjang sekitar 920 km ini melintasi wilayah Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir. Sungai mahakam mengalami penurunan kualitas air sungai setiap tahun seiring dengan penurunan kualitas air ini maka perlu adanya pengolahan air sebelum digunakan, oleh karena itu untuk mendapatkan air bersih memerlukan teknologi pengolahan air yang tepat, seperti koagulasi-flokulasi dan sedimentasi.

Penelitian ini menggunakan reaktor koagulasi, flokulasi dan sedimentasi, yang menggunakan variasi unit flokulasi dengan gravelbed dan bafflechanel. Pada flokulasi gravelbed menggunakan potongan pipa PVC 1” dengan ukuran 2cm dan pada flokulasi bafflechanel menggunakan sekat kaca pada baffle.Metode yang dapat digunakan dalam proses flokulasi, salah satunya adalah pengadukan hidrolis. Pengadukan secara hidrolis merupakan pengadukan yang memanfaatkan aliran air sebagai tenaga pengadukan yang dihasilkan dari energi hidrolik.

Hasil penelitian menunjukkan penurunan konsentrasi pada gravelbed dengan parameter kekeruhan sebesar 9,45 NTU dari 20,70 NTU dengan efisiensi sebesar 54,43%, TSS sebesar 27,8 mg/L menjadi 16,73 mg/L dengan efisiensi 39,82%, TDS sebesar 264 mg/L dari 308 mg/L dengan efisiensi 14,28 %. Pada baffle dengan parameter kekeruhan dari 39,90 NTU menjadi 7,03 NTU dengan efisiensi 80,41%. TSS sebesar 48,2 menjadi 19,6 dengan efisiensi 59,33%, TDS sebesar 128 mg/L menjadi 264 mg/L dengan efisiensi -106,25%. Dari data diatas disimpulkan bahwa variasi unit flokulasi dengan gravelbed dinilai lebih efisien, dilihat dari penurunan parameter yang terjadi secara keseluruhan, penurunan parameter tersebut sesuai dengan PERDA KALTIM No 02 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air.

Kata Kunci : Gravelbed, BaffleChanel, Koagulasi, Flokulasi, Sedimentasi

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENURUNAN PARAMETER KEKERUHAN, TSS DAN TDS DENGAN VARIASI UNIT FLOKULASI
Pengarang Khairunnisa Rizky Aprillia - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua