Detail Cantuman Kembali
ARIF RAHMAN HAKIM - Personal Name

PERSEPSI PETANI PADI SAWAH (Oryza sativa L.) DESA MUKTI JAYA TERHADAP KEBERADAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineneensis Jack) PT. NUSA INDAH KALIMANTAN PLANTATIONS DI KECAMATAN RANTAU PULUNG KABUPATEN KUTAI TIMUR

ARIF RAHMAN HAKIM, Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2016. Persepsi Petani Padi Sawah (Oryza sativa L) Desa Mukti Jaya Terhadap Keberadaan Perkebunan Kelapa Sawit (Elaeis guineneensis jack) PT. Nusa Indah Kalimantan Plantations Di Kecamatan Rantau Pulung Kabupaten Kutai Timur. (dibawah bimbingan Ndan Imang, dan Syarifah Maryam).

Alasan peneliti mengambil judul “Persepsi Petani Padi Sawah Desa Mukti Jaya Terhadap Keberadaan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Nusa Indah Kalimantan Plantations Di Kecamatan Rantau Pulung Kabupaten Kutai Timur” karena ketertarikan pada masalah yang muncul yaitu kekeringan sawah yang drastis serta wabah serangan hama yang ada di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi petani padi sawah Desa Mukti Jaya terhadap keberadaan perkebunan kelapa sawit PT. Nusa Indah Kalimantan Plantations, untuk mengetahui gangguan apa saja yang timbul dan berdampak pada lingkungan Desa Mukti Jaya akibat adanya budidaya perkebunan kelapa sawit PT. Nusa Indah Kalimantan Plantations.

Penelitian dilaksanakan di Desa Mukti Jaya sejak bulan Januari 2016 sampai bulan September 2016 data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Data primer diperoleh dengan wawancara langsung terhadap responden sedangkan data sekunder diperoleh dari kantor dan instansi terkait. Sampel di tentukan secara acak sederhana sebanyak 31 responden yang terdiri dari para petani. Persepsi petani padi sawah diukur dengan 9 indikator yaitu intensitas, ukuran, keberlawanan atau kontras, pengulangan, gerakan, baru dan familiar, belajar atau pemahaman dan persepsi, motivasi dan persepsi, kepribadian dan persepsi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa petani padi sawah secara umum memiliki persepsi yang negatif terhadap keberadaan perkebunan kelapa sawit PT. Nusa Indah Kalimantan Plantations.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERSEPSI PETANI PADI SAWAH (Oryza sativa L.) DESA MUKTI JAYA TERHADAP KEBERADAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineneensis Jack) PT. NUSA INDAH KALIMANTAN PLANTATIONS DI KECAMATAN RANTAU PULUNG KABUPATEN KUTAI TIMUR
Pengarang ARIF RAHMAN HAKIM - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua