Detail Cantuman Kembali
JUMIATI - Personal Name

KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHATANI KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.)TERHADAP PENDAPATAN PETANI DI DESA SULILIRAN BARU KECAMATAN PASIR BELENGKONG KABUPATEN PASER

ABSTRAK

JUMIATI. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2008. Kontribusi Pendapatan Usahatani Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) Terhadap Pendapatan Petani di Desa Suliliran Baru Kecamatan Pasir Belengkong Kabupaten Paser (dibawah bimbingan Sri Sumarjinah dan Tetty Wijayanti).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pendapatan usahatani kelapa sawit dan besarnya kontribusi pendapatan usahatani kelapa sawit terhadap pendapatan petani. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan, dimulai pada bulan Juni sampai dengan Agustus 2008 di Desa Suliliran Baru Kecamatan Pasir Belengkong Kabupaten Paser.
Metode pengambilan sampel dilaksanakan dengan metode acak stratifikasi tidak berimbang, pengumpulan data dilakukan pada 40 responden dan observasi langsung ke lokasi penelitian. Analisis data yang dilakukan adalah dengan menghitung kontribusi pendapatan kelapa sawit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan yang diperoleh responden dari usahatani kelapa sawit adalah sebesar Rp.578.428.322,62/thn dengan rata-rata per responden sebesar Rp.14.460.708,07/thn atau Rp.9.063.551,43/ha/thn/responden.
Besarnya kontribusi pendapatan usahatani kelapa sawit terhadap pendapatan petani berbeda antara petani plasma dan petani swadaya yaitu pada petani plasma kontribusinya sebesar 66,00%, sedangkan pada petani swadaya kontribusinya sebesar 69,59%. Terdapat selisih pendapatan antara petani plasma dan petani swadaya sebesar 3,59%, namun secara keseluruhan kontribusinya cukup tinggi yaitu sebesar 67,80%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHATANI KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.)TERHADAP PENDAPATAN PETANI DI DESA SULILIRAN BARU KECAMATAN PASIR BELENGKONG KABUPATEN PASER
Pengarang JUMIATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2009
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua