Detail Cantuman Kembali
ACHMAD ANSARI - Personal Name

PERBANDINGAN PEMBERITAAN KONFLIK ANGGOTA DPR RI DENGAN MENTERI BUMN DISURAT KABAR HARIAN TRIBUN KALTIM DENGAN KALTIM POST (Ditinjau Dari Model Analisis Framing Robert N. Entman)

ABSTRAK
Rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana perbandingan pemberitaan konflik anggota DPR RI dengan Menteri BUMN disurat kabar harian Tribun Kaltim dengan Kaltim Post (Ditinjau Dari Model Analisis Framing Robert N. Entman)?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitiaan yaitu untuk mengetahui bagaimana perbandingan pemberitaan konflik anggota DPR RI dengan Menteri BUMN disurat kabar harian Tribun Kaltim dengan Kaltim Post (Ditinjau Dari Model Analisis Framing Robert N. Entman).
Penelitian ini mempunyai manfaat secara teoritis memberikan gambaran mengenai bingkai media (news frame) dari surat kabar harian Tribun Kaltim dengan Kaltim Post dan secara praktis memberikan pengetahuan kepada khalayak media tentang proses framing yang dilakukan oleh media massa. Framing seperti yang dikatakan Todd Gitlin, adalah sebuah strategi bagaimana realitas/dunia dibentuk dan disederhanakan sedemikian rupa untuk ditampilkan kepada khalayak pembaca. Peristiwa-peristiwa ditampilkan dalam pemberitaan agar tampak menonjol dalam menarik perhatian khalayak pembaca. (Eriyanto, 2012: 79).
Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif pendekatan interpretatif dengan metode analisis framing. Fokus dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis menurut Robert N. Entman, serta merumuskan kedalam bentuk model framing yaitu define problems, diagnose causes, make moral judgement dan treatment recommendation.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut Bahwa Kaltim Post dalam mendefinisian masalah peristiwa konflik anggota DPR RI dengan Menteri BUMN mengalami pergeseran makna dari apa yang terjadi dilapangan. Berbeda dengan Tribun Kaltim narasumber yang dijedaikan berita juga cukup beragam maka dalam pendefinisian masalah dikedua media terlihat kontras dalam pemberitaan, pada berita-beritanya sudah tergolong cukup baik. Judul-judul yang digunakan dapat mewakili intisari pemberitaan.
Keyword: Berita, Konflik, Surat Kabar Harian, Analisis Framing

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERBANDINGAN PEMBERITAAN KONFLIK ANGGOTA DPR RI DENGAN MENTERI BUMN DISURAT KABAR HARIAN TRIBUN KALTIM DENGAN KALTIM POST (Ditinjau Dari Model Analisis Framing Robert N. Entman)
Pengarang ACHMAD ANSARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua