Detail Cantuman Kembali
HENDRI KURNIAWAN - Personal Name

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING KELAS VII SMP NEGERI 22 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

ABSTRAK
Kurniawan, Hendri. 2015. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda Tahun Pembelajaran 2014/2015. Program Studi Pendidikan Bahsa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman Samarinda.
Dibimbing oleh Dra. Hj. Endang DS., M.Si selaku dosen pembimbing I dan dibimbing oleh Tri Indrahastuti, S.Sn., M.Sn selaku dosen pembimbing II.

Kata Kunci : Menulis Puisi, Model Discovery Learning
Latar belakang penelitian ini karena pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda sangat rendah, mereka kurang mampu untuk menulis puisi dikarenakan keterbatasan ide-ide sehingga sulit untuk mengembangkan kegiatan menulis puisi. Rendahnya kemampuan menulis puisi siswa juga disebabkan oleh pengamatan secara langsung objek tertentu dan penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan materi menulis puisi sehingga siswa kurang kreatif untuk menuangkan ide-ide baru dalam menulis puisi.
Penelitian ini bertujuan pemerolehan gambaran tentang kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda dengan mengukur materi menulis puisi; kesesuaian tema dengan isi, pilihan gaya bahasa dan diksi, pengkajian, dan keutuhan dan keselarasan bait. Manfaat penelitian ini adalah menambah ilmu yang bermanfaat untuk menuangkan ide-ide menulis puisi, memberikan gambaran langkah-langkah model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, untuk bahan bacaan di Fakultas, menjadi bekal peneliti dalam mempersiapkan diri dan meningkatkan prestasi kerja pada saat kegiatan belajar mengajar khususnya bidang menulis dan melatih peneliti untuk menulis karya ilmiah.
Jenis yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah PTK yaitu metode yang menerapkan langkah-langkah pembelajaran tindakan kelas, setelah hasil PTK diperoleh , data tersebut disebutkan dengan rentang nilai dan diklasifikasikan ke dalam kategori baik, sedang, dan kurang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 22 Samarinda tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 37 siswa. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis puisi siswa pada saat observasi sebesar 68,90, siklus I sebesar 72,07 dan siklus II sebesar 76,43. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap siklusnya pada materi menulis puisi mata pelajaran Bahasa Indonesia . Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning tepat digunakan dalam menulis puisi dengan memperhatikan teknik pembelajaran yang digunakan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING KELAS VII SMP NEGERI 22 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Pengarang HENDRI KURNIAWAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua