Detail Cantuman Kembali
Ana Kholifah Khoirunnisa - Personal Name

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 29 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

ABSTRAK
Ana Kholifah K, 2015. Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture Siswa Kelas VII G SMP Negeri 29 Samarinda Tahun
Pembelajaran 2014/2015. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Dibimbing oleh Drs. Akhmad Murtadlo, M.Pd. selaku pembimbing I dan dibimbing oleh Drs. M. Rusydi Akhmad, M.Hum. selaku dosen pembimbing II.

Kata Kunci : menulis kreatif, puisi, picture and picture.
Peneliti melakukan penelitian ini karena adanya kendala-kendala dalam proses pembelajaran menulis kreatif puisi, yaitu kurangnya minat siswa dan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar sehingga materi yang diajarkan kurang menarik perhatian siswa. Hal ini disebabkan karena kurangnya inovasi dan kreativitas guru dalam menggunakan pendekatan pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung membosankan bagi sebagian siswa. Salah satu pendekatan pembelajaran yang diduga mampu mewujudkan situasi pembelajaran yang aktif, kreatif efektif dan menyenangkan adalah pendekatan pembelajaran picture and picture. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis kreatif puisi siswa kelas VII G SMP Negeri 29 Samarinda dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang direncanakan dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu mencapai ketuntasan belajar. Permasalahan yang terdapat pada siklus I akan ditindaklanjuti pada siklus berikutnya. Prosedur penelitian yang akan dilaksanakan adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah nontes dan tes akhir siklus. Teknik nontes digunakan untuk memperoleh dan mengetahui hasil pelaksanaan pengajaran dan untuk mengetahui keaktifan dan partisipasi siswa dalam pembelajaran menulis. Tes akhir siklus digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis siswa.
Hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas setiap siklus setelah menerapkan model pembelajaran picture and picture. Pada siklus I nilai rata-rata 62,29, siklus II meningkat menjadi 81,67. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture pada materi keterampilan menulis kreatif puisi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII G SMP Negeri 29 Samarinda.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 29 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Pengarang Ana Kholifah Khoirunnisa - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua