DINAMIKA HUBUNGAN DIPLOMATIK ANTARA KANADA-IRAN
Patmawati Ariani, NIM. 1002045175, judul skripsi Dinamika Hubungan Diplomatik antara Kanada-Iran, dibawah bimbingan Ibu Enny Fathurachmi, S.IP, M.Si, selaku pembimbing I dan Bapak Sonny Sudiar, S.IP, MA, selaku pembimbing II, Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman, tahun 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dinamika hubungan diplomatik antara Kanada-Iran pada masa pemerintahan Mohammad Khatami-Paul Martin dan Mahmoud Ahmadinejad-Stephen Harper periode 2003-2012. Penulis menerapkan konsep hubungan diplomatik untuk menganalisis hubungan diplomatik antara Kanada-Iran. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penyusunan skripsi ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan telaah pustaka, dengan menggunakan jenis data sekunder. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara garis besar dinamika hubungan diplomatik antara Kanada-Iran pada masa pemerintahan Mohammad KhatamiPaul Martin dan Mahmoud Ahmadinejad-Stephen Harper ialah fluktuatif.
Pemerintah Kanada yang secara aktif mengeluarkan kebijakan luar negerinya terhadap pemerintah Iran atas program pengembangan nuklir, segala macam tindakan pelanggaran HAM Iran dan tindakan retorika Iran selama ini mengakibatkan hubungan diplomatik antara kedua negara menjadi tidak lancar. Pada dua periodisasi masa pemerintahan Kanada-Iran, hubungan diplomatik yang disertai dengan rasa kecurigaan pemerintah Kanada mengakibatkan suasana
hubungan diplomatik menjadi memburuk dan bermusuhan.
Kata Kunci : Dinamika Hubungan Diplomatik, Kanada-Iran, Khatami-Paul Martin, Ahmadinejad-Stephen Harper
Ketersediaan
Detail Information
Judul | DINAMIKA HUBUNGAN DIPLOMATIK ANTARA KANADA-IRAN |
---|---|
Pengarang | PATMAWATI ARIANI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY