Detail Cantuman Kembali
FATHUR RAHMAN - Personal Name

SISTEM ANTRIAN PADA PENGGUNA WI-FI HOTSPOT DI KAMPUS FMIPA UNIVERSITAS MULAWARMAN

Fathur Rahman, 2009 “ Sistem antrian pada pengguna Wi-Fi Hotspot FMIPA Universitas Mulawarman ”, dibawah bimbingan Bapak Suyitno, M.Sc selaku pembimbing I dan Bapak Rito Goejantoro, M.Si selaku pembimbing II.
Peningkatan kebutuhan akan informasi melalui internet di kalangan mahasiswa, menyebabkan mahasiswa yang menggunakan fasilitas internet di kampus semakin banyak, terutama pengguna fasilitas Wi-Fi Hotspot. Dengan kondisi tersebut, laboratorium komputer dan Wi-Fi Hotspot yang sudah ada di Kampus FMIPA Universitas Mulawarman menjadi tidak memadai. Oleh karena itu, perlu penambahan sejumlah Wi-Fi Hotspot yang baru agar dapat mengurangi jumlah pengguna atau customer pada sejumlah fasilitas yang sudah padat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem antrian pada pengguna Wi-Fi Hotspot FMIPA Universitas Mulawarman, yang mencakup persentase waktu menganggur fasilitas Wi-Fi Hotspot, dan rata-rata waktu tunggu customer atau orang dalam sistem untuk dapat terkoneksi dengan server.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa persentase waktu longgar server dengan mengunakan 3 fasilitas pelayanan Wi-Fi Hospot adalah 29 % atau 2 jam dari keseluruhan waktu kerja yaitu jam 09.00 sampai dengan 16.00, sedangkan jika di tambah dengan sebuah fasilitas lagi, persentase waktu longgar server adalah 32 % atau 2,24 jam dari keseluruhan waktu kerja yaitu dari jam 09.00 sampai dengan 16.00, seadangkan untuk rata-rata waktu tunggu dengan mengunakan 3 fasilitas pelayanan Wi-Fi Hotspot dalam sistem antrian adalah sebesar 4,58 menit, jika ditambah sebuah fasilitas lagi rata-rata waktu tunggu orang atau customer untuk dapat menggunakan fasilitas pelayanan Wi-Fi Hotspot berkurang menjadi 4,33 menit.

Kata kunci : Wi-Fi Hotspot, waktu menganggur, waktu tunggu, sistem antrian, server.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul SISTEM ANTRIAN PADA PENGGUNA WI-FI HOTSPOT DI KAMPUS FMIPA UNIVERSITAS MULAWARMAN
Pengarang FATHUR RAHMAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2009
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua