Detail Cantuman Kembali
DEWI PUSPITASARI - Personal Name

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN RESPON SISWA KELAS X SMAN 1 PASIR BELENGKONG (MATERI SUHU DAN KALOR )

ABSTRAK
Dewi Puspitasari, 2015. Pengaruh Pendekatan Saintifik Menggunakan Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Fisika dan Respon Siswa Kelas X SMAN 1 Pasir Belengkong Tahun Pembelajaran 2014/2015. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Dibimbing Oleh Dr. Laili Komariyah,M.Si selaku pembimbing I dan Hj. Muliati Syam, M.Pd selaku pembimbing II.
Pendekatan saintifik merupakan suatu pendekatan yang lebih menekankan pada siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode ilmiah. Model PBL (Problem Based Learning) merupakan salah satu model pembelajaran yang berdasarkan masalah. Jadi, pendekatan saintifik menggunakan model PBL merupakan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk lebih aktif, mampu memahami konsep melalui tahapan metode ilmiah serta mampu dalam memecahkan suatu masalah sehingga proses pembelajaran berpusat kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Seberapa Besar Pengaruh Pendekatan Saintifik Menggunakan Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X SMAN 1 Pasir Belengkong, (2) Seberapa Besar Pengaruh Pendekatan Saintifik Menggunakan Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Respon Siswa Kelas X SMAN 1 Pasir Belengkong. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMAN 1 Pasir Belengkong dengan sampel kelas X MIA-1 sebanyak 23 siswa.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa besarnya pengaruh pendekatan saintifik menggunakan model PBL terhadap hasil belajar siswa sebesar 50,62%, dan rata-rata hasil belajar siswa setelah diberi pengajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan model PBL pada materi suhu dan kalor dikelas X adalah 80 dan memenuhi standar kriteria ketuntasan belajar minimal yaitu 73. Selain itu hasil dari penelitian diperoleh bahwa besarnya pengaruh pendekatan saintifik menggunakan model pembelajaran PBL terhadap respon siswa sebesar 36,99% dan rata-rata respon siswa kelas X sebesar 79,74. Hasil penelitian ini diuji dengan uji statistik berupa pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F dan berdasarkan analisis data maka diperoleh F = 21,55 untuk hasil belajar siswa dan F hitung = 12,33 untuk respon siswa serta F hitung = 4,32 pada taraf 5%. Hal ini menunjukkan bahwa nilai F hitung table lebih besar dari F table maka Hipotesis H ditolak dan H diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik menggunakan model PBL terhadap hasil belajar Fisika dan respon siswa kelas X MIA-1 SMAN 1 Pasir Belengkong pada materi suhu dan kalor.

Kata kunci : Pendekatan Saintifik, Model PBL, Hasil Belajar, Respon Siswa

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN RESPON SISWA KELAS X SMAN 1 PASIR BELENGKONG (MATERI SUHU DAN KALOR )
Pengarang DEWI PUSPITASARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua