Detail Cantuman Kembali
RYANI NUGRAHA - Personal Name

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMK TI LABBAIKA SAMARINDA (MATERI SUHU DAN KALOR)

ABSTRAK

Ryani Nugraha : Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Training untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK TI Labbaika Samarinda (Materi Suhu dan Kalor). Penelitian ini di bawah bimbingan Ibu Hj. Muliati Syam, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Dr. Zeni Haryanto, M.Pd selaku pembimbing II.
Inquiry Training merupakan model pembelajaran yang melatih siswa untuk berfikir kritis dalam memecahkan masalah melalui proses ilmiah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Training pada siswa kelas X-A di SMK TI Labbaika Samarinda materi suhu dan kalor tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang dilaksanakan di SMK TI Labbaika Samarinda dengan subjek penelitian siswa kelas X-A sebanyak 31 orang siswa. Berdasarkan penelitian dan analisis data diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 10 % dibanding nilai dasar yaitu dari nilai rata-rata kelas 66,32 menjadi 73,10 pada siklus I, kemudian untuk siklus II terjadi peningkatan sebesar 16 % dibanding nilai siklus I yaitu dari rata-rata kelas siklus I sebesar 73,10 menjadi 84,84 pada siklus II. Selain peningkatan rata-rata nilai hasil belajar juga terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM yaitu dari nilai dasar sebanyak 35% atau 11 siswa menjadi sebanyak 48% atau 15 siswa pada siklus I, kemudian meningkat sebesar 77% atau 24 siswa mencapai nilai = 75 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Training dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X-A SMK TI Labbaika Samarida tahun ajaran 2014/2015.

Kata kunci : Inquiry Training, Hasil Belajar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMK TI LABBAIKA SAMARINDA (MATERI SUHU DAN KALOR)
Pengarang RYANI NUGRAHA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua