Detail Cantuman Kembali
Nabiella Chairinnisa - Personal Name

ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN EMPAT DIMENSI GAYA BELAJAR FELDER-SILVERMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA PADA SISWA KELAS X SMK KESEHATAN SAMARINDA

ABSTRAK

Gaya belajar merupakan cara belajar yang dimiliki oleh setiap individu, yang dianggap termudah dalam menyerap, mengatur dan mengolah informasi. Model gaya belajar yang dipilih adalah gaya belajar Felder-Silverman yang terdiri atas empat dimensi, yaitu dimensi pemrosesan, dimensi persepsi, dimensi input, dan dimensi pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar yang dimiliki siswa, rata-rata hasil belajar siswa pada setiap dimensi gaya belajar Felder-Silverman, dan mengetahui sesuai atau tidaknya model pembelajaran STAD jika diterapkan pada siswa dengan gaya belajar yang berbeda-beda.
Sampel dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas X Analis-1 SMK Kesehatan Samarinda yang dipilih melalui teknik probaility sampling. Analisis dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor hasil belajar siswa dan persentase gaya belajar siswa, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki gaya belajar yang seimbang pada setiap dimensi gaya belajar Felder-Silverman dengan rata-rata hasil belajar tertinggi terdapat pada kelompok gaya belajar visual sedang dengan nilai 87,60. Berdasarkan rata-rata hasil belajar siswa, yakni 83,81; dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD dapat mengakomodir seluruh gaya belajar siswa.

Kata Kunci : Gaya Belajar Felder-Silverman, Hasil Belajar, Model Pembelajaran STAD

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN EMPAT DIMENSI GAYA BELAJAR FELDER-SILVERMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA PADA SISWA KELAS X SMK KESEHATAN SAMARINDA
Pengarang Nabiella Chairinnisa - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua