Detail Cantuman Kembali
SITI HIDAYAH - Personal Name

PENGARUH PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DKEPEMILIKAN PUBLIK TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas, kepemilikan manajerial dan kepemilikan publik terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel dependendalam penelitian ini yaitu manajemen labayangdiukur denganrevenue model dengan menggunakan skala nominal. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu profitabilitas yangdiukur dengannet profit margin(NPM), kepemilikan manajerial yang diukur dengan skala nominal dan kepemilikan publik yang diukur dengan persentase saham perusahaan yang dimiliki publik dengan kepemilikan dibawah 5% terhadap seluruh saham perusahaan yang beredar.
Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive samplingsebanyak 68perusahaan manufaktur selama 20122014.
Sumber data yang digunakan berupa laporan keuangan dan laporan tahunan yang diperoleh dari websiteBEI (www.idx.co.id) serta ringkasan laporan keuangan dari ICMD 2015. Teknik analisis data dengan menggunakan regresi logistik dengan menggunakan program SPSS 23.
Hasil penelitian yaitu profitabilitas dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, dan kepemilikan publik berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan
manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Kata Kunci: Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Publik,Manajemen Laba, Revenue Model

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DKEPEMILIKAN PUBLIK TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)
Pengarang SITI HIDAYAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua