PENGARUH KEDISIPLINAN DAN PENILAIAN PRESTASI KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN PT. PLN (PERSERO) WILAYAH KALIMANTAN TIMUR AREA BATUAH KECAMATAN LOA JANAN
ABSTRAK
Herli Marlina, Pengaruh Kedisiplinan Dan Penilaian Prestasi Kerja
Terhadap Kualitas Pelayanan karyawan Pada PT. PLN (Persero) Area
Batuah Kecamatan Loa Janan. Di bawah bimbingan Drs. Made Ngurah
Partha, M. Si sebagai Pembimbing I dan Noor Ellyawati S. Pd., MM, Sebagai
Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan karyawan PT. PLN
(Persero), untuk mengetahui penilaian prestasi kerja karyawan PT. PLN (Persero),
serta untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan penialain prestasi kerja
terhadap kualitas pelayanan karyawan pada PT. PLN (Persero) Area Batuah
Wialayah Kalimantan Timur Kecamatan Loa Janan.
Populasi dalam penelitian ini adalah Karyawan pada PT. PLN (Persero)
yang berjumlah 4 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu
teknik observasi, dokumentasi, wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Jenis
penelitian ini yaitu jenis penelitian kuantitatif, sedangkan analisis data yang
digunakan analisis data regresi linier berganda, korelasi parsial, koefisien korelasi
ganda, koefisien determinasi (R
2
), Uji regresi secara bersama-sama (Uji F).
PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) merupakan perusahaan BUMN yang
ditunjuk sebagai penyedia tenaga listrik guna memenuhi kebituhan listrik
masyarakat Indonesi.
Hasil penelitian secara umum memperoleh hasil kedisiplinan dan penilaian
prestasi kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pada PT.
PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Timur Area Batuah Kecamatan Loa Janan.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh Koefisien Korelasi (r) sebesar 0,999
berada pada interval 0,800-1,000 artinya memiliki hubungan yang sangat kuat dan
Koefisien Determinasi (R
2
) sebesar 0,998 sedangkan sisanya 0,2% diterangkan
oleh variabel lain. Dari uji regresi linear berganda diperoleh persamaan
Y=24,312+1,719X1-1,064X2 .Uji F diperoleh nilai F
hitung
227,154 dan F
18,
5128, maka terlihat F
hitung
lebih besar dari F
, yaitu 227, 154>18, 5128 maka H0
ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka diketahui bahwa
tabel
Kedisiplinan dan penilaian prestasi kerja mempunyai pengaruh yang signifikansi secara
bersama-sama terhadap kualitas pelayanan pada PT. PLN (Persero) Wilayah
Kalimantan Timur Area Batuah Kecamatan Loa Janan
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan skor nilai dari rekapitulasi
variabel kedisiplinan sebesar 152 dengan nilai rata-rata sebesar 73, untuk skor
nilai dari rekapitulasi variabel penilaian prestasi kerja sebesar 164 dengan nilai
rata-rata sebesar 41, sedangkan untuk skor nilai dari rekapitulasi variabel kualitas
pelayanan karyawan sebesar 184 dengan nilai rata-rata sebesar 46, serta
persamaan regresi linear berganda diperoleh persamaan Y=24,312+1,719X11,064X2.
Saran
dari
penelitian
ini
untuk
perusahaan
PT.
PLN
(Persero),
penilaian
prestasi
kerja diharapkan oleh peneliti agar dapat diterapkan di perusahaan
tersebut guna untuk mengetahui bagaimana kualitas dari karyawan yang bekerja
pada perusahaan tersebut.
Kata Kunci : Kedisiplinan, Penilaian Prestasi Kerja, Kualitas Pelayanan
tabel
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH KEDISIPLINAN DAN PENILAIAN PRESTASI KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN PT. PLN (PERSERO) WILAYAH KALIMANTAN TIMUR AREA BATUAH KECAMATAN LOA JANAN |
---|---|
Pengarang | HERLI MARLINA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2014 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY