Detail Cantuman Kembali
Happy Anggia Rahmeilia - Personal Name

PERANAN MANGA DAN ANIME DALAM PENYEBARAN BUDAYA JEPANG DI INDONESIA

Happy Anggia Rahmeilia, 01. 28657.03217.02, Peranan Manga dan Anime Dalam Penyebaran Budaya Jepang Di Indonesia, Di bawah bimbingan Dra. Rita. Kalalinggi, M. Si selaku pembimbing I dan Drs. M. Arifin, M. Hum selaku pembimbing II, Progam Studi hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik, Universitas Mulawarman, Samarinda.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menjelaskan peran manga dan anime dalam penyebaran budaya Jepang di Indonesia, serta seberapa besar peran pemerintah Jepang dalam penyebaran manga dan anime sebagai elmen soft power Jepang. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, data-data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari telaah pustaka baik buku, jurnal serta artikel-artikel online di internet, tehnik analisis adalah content analysis dengan analisa kualitatif.
Hasil pembahasan menunjukan bahwa manga dan anime memang memiliki peran dalam penyebaran budaya Jepang di Indonesia. Manga dan anime memiliki elemen-elemen pendukung seperti musik, gambar yang menarik, cerita beragam untuk anak-anak hingga dewasa, yang beberapa diantaranya kemudian turut diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari remaja Indonesia, penyebaran manga dan anime selain melalui penerbit-penerbit yang merupakan anak perusahaan dari penerbit besar di Indonesia, televisi-televisi pemerintah maupun swasta juga dibantu oleh komunitas-komunitas pecinta manga dan anime yang melakukan kegiatan fansubing dan scanlation, ekskul Jepang di sekolah-sekolah serta festival budaya Jepang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERANAN MANGA DAN ANIME DALAM PENYEBARAN BUDAYA JEPANG DI INDONESIA
Pengarang Happy Anggia Rahmeilia - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua