Detail Cantuman Kembali
ABDUL MUBARAK - Personal Name

EVALUASI TARIF BUS ANTAR KOTA DALAM PROVINSI (AKDP ) SAMARINDA – BALIKPAPAN (STUDI KASUS : TERMINAL SUNGAI KUNJANG SAMARINDA – TERMINAL BATU AMPAR BALIKPAPAN)

ABSTRAK
Penentuan besaran tarif angkutan membutuhkan penanganan dan kebijakan yang arif. Karena harus dapat menjembatani kepentingan penumpang selaku konsumen dan pengelola angkutan umum. angkutan bus AKDP merupakan salah satu angkutan umum bus kota yang melayani daerah strategis, diharapkan dapat mewakili penumpang angkutan umum khususnya bus AKDP yang ada di Samarinda dan Balikpapan.
Data di dapat dengan penyebaran kuisioner kepada pengguna angkutan bus AKDP dan juga wawancara dengan pengelola bus AKDP PO. Jahe Raya, PO. Sapulidi dan PO. MMT kemudian data di analisis, hasil analisis data untuk mengetahui besarnya Biaya Operasional Kendaraan (BOK) yang dikeluarkan oleh operator dan mengetahui daya beli penumpang dari kemampuan (ability) dan kemauan (willingness) untuk membayar tarif bus kota.
Hasil analisis data menunjukkan tarif berdasarkan BOK rata-ratanya adalah Rp. 32.126,23, berdasarkan ability to pay (ATP) pada lokasi terminal Sungai Kunjang sebesar Rp. 66.832,00 dan pada lokasi terminal Batu Apar sebesar Rp 66.413,43. Besarnya nilai willingness to pay (WTP) pada lokasi terminal Sungai Kunjang sebesar Rp.23.464,00 dan pada lokasi terminal Batu Ampar sebesar Rp 27.673,91. Pemerintah perlu memberikan subsidi untuk penumpang agar mampu membayar sesuai kemampuannya dan mengeluarkan kebijakan agar load factor angkutan umum meningkat sehingga operator angkutan meningkatkan kenyamanan angkutannya yang dapat mempengaruhi kemauan membayar penumpang.
Kata kunci : ATP, BOK, Bus, Bus AKDP, Tarif, WTP

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EVALUASI TARIF BUS ANTAR KOTA DALAM PROVINSI (AKDP ) SAMARINDA – BALIKPAPAN (STUDI KASUS : TERMINAL SUNGAI KUNJANG SAMARINDA – TERMINAL BATU AMPAR BALIKPAPAN)
Pengarang ABDUL MUBARAK - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua