Detail Cantuman Kembali
Aswin Widya Nugraha - Personal Name

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BULUTANGKIS MENGGUNAKAN NET MODIFIKASI PADA SISWA SMP AL –KHAIRIYAH SAMARINDA

ABSTRAK
Aswin Widya Nugraha, 2016. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Bulutangkis Menggunakan Net Modifikasi Pada Siswa SMP Al-Khairiyah Samarinda”. Skripsi. Jurusan IP Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Ilmu Universitas Mulawarman. Bapak Nurjamal S.Pd, M.Pd (Dosen pembimbing I) dan Ibu Hamdiana, S.Pd, M.Pd (Dosen pembimbing II). Kata kunci : Modifikasi net bulutangkis pada siswa SMP Al-Khairiyah Samarinda.
Latar belakang dalam penelitian adalah karena rendahnya kemampuan siswa dalam bermain bulutangkis khususnya pada servis panjangnya serta kurangnya sarana dan prasarana yang tersedia, sehingga belum bisa menunjukkan hasil belajar yang maksimal. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah apakah terdapat peningkatan hasil belajar servis bulutangkis menggunakan net modifikasi pada siswa SMP Al-Khairiyah Samarinda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar servis bulutangkis pada siswa SMP Al-Khairiyah Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, dengan langkah langkah sebagai berikut: (1) menentukan subjek penelitian, yaitu siswa kelas VIII A yang berjumlah 25 siswa, (2) menentukan objek penelitian, (3) menentukan waktu penelitian baik siklus I maupun siklus II, (4) menentukan lokasi penelitian, (5) teknik pengumpulan data, (6) rencana tindakan pembelajaran. Instrumen penelitian menggunakan tes psikomotorik atau tes keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran penjasorkes melalui modifikasi permainan bulutangkis hasil belajar siswa meningkat disetiap siklus. Hasil belajar psikomotorik siklus I dengan ketuntasan belajar yang dicapai 84%, dimana 21 orang siswa yang lulus (84%) dan yang tidak lulus adalah 4 orang siswa (16%) sedangkan pada siklus II dengan ketuntasan belajar 100%, dimana dari 25 orang siswa semua siswa dapat melakukan servis panjang dengan baik.Berdasarkan penelitian modifikasi permainan bulutangkis menggunakan net modifikasi dapat meningkatkan pembelajaran penjasorkes pada siswa khususnya materi servis bulutangkis.
Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, maka saran yang diberikan adalah guru penjas dapat melakukan penerapan modifikasi net bulutangkis pada siswa SMP Al-Khairiyah Samarinda untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi permainan bulutangkis khususnya servis panjang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BULUTANGKIS MENGGUNAKAN NET MODIFIKASI PADA SISWA SMP AL –KHAIRIYAH SAMARINDA
Pengarang Aswin Widya Nugraha - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua