Detail Cantuman Kembali
RABIATUL ADAWIYAH - Personal Name

CAMPUR KODE DI DALAM BAHASA INDONESIA DENGAN BAHASA KUTAI DI KANTOR DESA PENGADAN KECAMATAN KARANGAN KABUPATEN KUTAI TIMUR

ABSTRAK

Rabiatul Adawiyah, 2016, Campur Kode di dalam Bahasa Indonesia dengan Bahasa Kutai di Kantor Desa Pengadan Kecamatan Karangan Kabupaten Kutai Timur. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman Samarinda. Dibimbing oleh Drs. M. Rusydi Ahmad, M.Hum., selaku pembimbing I dan Drs. Pudawari, M.Pd., selaku pembimbing II.

Kata Kunci : Campur Kode, Bahasa Kutai, Bahasa Indonesia




Penelitian ini difokuskan pada campur kode di dalam bahasa Indonesia dengan bahasa Kutai di Kantor Desa Pengadan Kecamatan Karangan Kabupaten Kutai Timur dengan alasan karena penulis tertarik dengan keanekaragaman bahasa yang digunakan oleh pegawai/staf di Kantor Desa Pengadan dalam kegiatannya. Dalam interaksi baik antar sesama pegawai/staf lainnya atau kepada tamu/masyarakat yang berkunjung untuk suatu hal, terdapat campur kode di dalam bahasa Indonesia dengan bahasa Kutai dalam interaksinya.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk dan faktor penyebab terjadinya campur kode yang terjadi di Kantor Desa Pengadan Kecamatan Karangan, Kabupaten Kutai Timur.

Metode atau teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik simak dan sadap, kemudian dilanjutkan dengan teknik wawancara. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan pola tindak tutur SPEAKING oleh Dell Hymes.

Dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa campur kode di dalam bahasa Indonesia dengan bahasa Kutai di Kantor Desa Pengadan Kecamatan Karangan Kabupaten Kutai Timur, memiliki tiga bentuk penyisipan satuan linguistik. Satuan linguistik tersebut adalah kata, frase, dan klausa. Latarbelakang terjadinya campur kode disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor kebahasaan dan faktor kebiasaan/sikap. Faktor kebahasaan meliputi low frequency of word, pernicious homonomy, End (purpose and goal). Faktor kebiasaan/sikap meliputi need for synonim, social value.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul CAMPUR KODE DI DALAM BAHASA INDONESIA DENGAN BAHASA KUTAI DI KANTOR DESA PENGADAN KECAMATAN KARANGAN KABUPATEN KUTAI TIMUR
Pengarang RABIATUL ADAWIYAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua