HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS X FARMASI SMK NEGERI 17 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016
ABSTRAK
Yuliana Sari, 2016. Hubungan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas X Farmasi SMK Negeri 17 Samarinda Tahun Ajaran 2015/2016. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Mulawarman. Pembimbing: I, Dr. H. Yudo Dwiyono, M.Si,II,Nicodemus Sere, M.Pd
Kata kunci: layanan bimbingan kelompok, motivasi berprestasi
Dalam penelitian ini yang menjadi latar belakang adalah penyebab siswa berprestasi rendah di SMK Negeri 17 Samarinda karena kurangnya motivasi dari diri siswa tersebut. sehingga siswa kurang bersunggung-sungguh dalam menerima pelajaran. Melalui bimbingan kelompok diharapkan agar siswa dapat meninggkatkan motivasi berprestasinya dengan cara-cara yang telah diberikan melalui layanan bimbingan kelompok yang diselenggaran di sekolah.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada Hubungan yang Signifikan Antara Layanan Bimbingan Kelompok dengan Motovasi Berprestasi Siswa Kelas X Farmasi Di SMK Negeri 17 Samarinda Tahun Ajaran 2015/2016”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana “Hubungan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas X Farmasi Di SMK Negeri 17 Samarinda Tahun Ajaran 2015/2016”.Penelitaian inibersifat kuantitatif dengan jenis penelitian kolerasi yang terdiri dari dua variabel independen layanan bimbingan kelompok dan variabel dependen motivasi berprestasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Farmasi di SMK Negeri 17 Samarinda yang berjumlah 145 siswa, dan peneliti mengambil 107 siswa sebagai sampel. Untuk memperoleh data digunakan angket sebagai metode pokok untuk mengetahui hasil layanan bimbingan kelompok dan motivasi berprestasi. Maka untuk menganalisis data digunakan rumus Interval dan Rumus Spearman Rank.Hasilmenunjukkan bahwa dengan N = 107 dan dengan taraf signifikan 5% yaitu rhitung = 0.632 > dari r = 0,197, dengan demikian Ha diterima dan H0table ditolak. Dengan demikian “Terdapat Hubungan yang Signifikan antara Layanan Bimbingan Kelmpok dengan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas X Farmasi Di SMK Negeri 17 Samarinda Tahun Ajaran 2015/2016”. Kesimpulannya bahwa layanan bimbingan kelompok yang sangat baik akan mempengaruhi motivasi seorang siswa dalam berprestasi yang sangat tinngi, demikian pula sebaliknya bilalayanan bimbingan kelompok sangat kurang maka motivasi siswa untuk berprestasi akan rendah.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS X FARMASI SMK NEGERI 17 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016 |
---|---|
Pengarang | Yuliana Sari - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY