Detail Cantuman Kembali
Erfan Faisal Fitriansyah - Personal Name

ANALISIS TOKOH SUKARTI DALAM CERPEN “BALADA SUKARTI” KARYA RF. DHONNA (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA)

ABSTRAK
Erfan, 2016. Analisis Tokoh Balada Sukarti Dalam Cerpen Balada Sukarti Karya RF. Dhonna Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan seni. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pembimbing: (I) Drs. Syaiful Arifin, M.Hum. (II) Tri Indrahastuti, S.Sn., M.Sn.
Kata Kunci : Cerpen, Tokoh, Psikologi Sastra

Tokoh adalah pelaku yang mengemban peristiwa dalam cerita. Cerpen adalah bentuk prosa baru yang menceritakan sebagian kecil dari kehidupan pelakunya yang terpenting dan paling menarik. Di dalam cerpen boleh ada konflik atau pertikaian, akan telapi hat itu tidak menyebabkan perubahan nasib pelakunya. Psikologi merupakan suatu ilmu yang menyelidiki serta mempelajari tentang semua tingkah laku dan perbuatan individu, dimana individu tersebut tidak dapat lepas dari lingkunanya. Sedangkan satra adalah ilmu tentang karya seni merupakan ilmu yang mengkaji karya sastra dari sudut pandang kejiwaannya.
Tujuan penelitaian ini adalah untuk mendeskripsikan psikologis tokoh yaitu, sifat, emsoi dan kondisi fisik serta mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh yang terdiri dari id, ego dan superego.
Berdasarkan penyajian data dan analsisi data bahwa tokoh Sukarti dalam cerpen “Balada Sukarti” karya RF. Dhonna memiliki sifat: Gigih, pemarah, pemberani, serta jahat dan licik. Emosi tokoh Sukarti yaitu: Frustasi, semangat, syukur, senang, kesal, terkejut, cemas dan bingung, takut serta marah. Kondisi fisik tokoh Sukarti ialah orang yang sudah tua namun dalam kondisi sehat. Struktur kepribadian tokoh Sukarti yaitu id nya adalah ingin memiliki uang, ego nya ialah ,mengupayakan untuk bekerja, serta superegonya ialah pertimbangannya untuk lebih memilih moralitas daripada realitas.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS TOKOH SUKARTI DALAM CERPEN “BALADA SUKARTI” KARYA RF. DHONNA (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA)
Pengarang Erfan Faisal Fitriansyah - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua