Detail Cantuman Kembali
SUSI SUSANTI - Personal Name

PERAN MUSEUM MULAWARMAN DALAM MENANAMKAN RASA PATRIOTISME GENERASI MUDA

ABSTRAK


Susi Susanti, Peran Museum Mulawarman dalam menanamkan rasa Patriotisme Generasi Muda, di bawah bimbingan oleh Ibu Dra. Hj. Marwiah Johansyah, M.Pd dan Bapak Dr. M. Jamil, S.Pd, M.Ap.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Museum Mulawarman dalam menanamkan rasa patriotisme generasi muda, untuk mengetahui pola penanaman rasa patriotisme terhadap Museum Mulawarman dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi Museum Mulawarman dalam menanamkan rasa patriotisme.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian yaitu peran Museum Mulawarman dalam menanamkan rasa patriotisme generasi muda, pola penanaman rasa patriotisme terhadap museum mulawarman dan kendala yang dihadapi Museum Mulawarman dalam menanamkan rasa patriotisme. Sumber data 3 orang yaitu, Kasie konservasi dan reparasi, kasie bimbingan, dan kasie sejarah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi terlebih dahulu. Serta teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Museum Mulawarman dalam menanamkan rasa patriotisme generasi muda, melalui cinta tanah air, menempatkan persatuan, kesatuan serta keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan, rela berkorban, berjiwa pembaharu dan tidak mudah menyerah. Pola penanaman rasa Patriotisme yang dilakukan Museum Mulawarman, yaitu dengan melakukan sosialisai untuk mengenalkan Museum Mulawaman, mengadakan cerdas-cermat, serta lomba-lomba untuk membangkitkan semangat jiwa patriotisme. Sedangkan kendala yang dihadapi Museum Mulawarman dalam menanamkan rasa patriotisme, yaitu kurangnya SDM (Sumber Daya Manusia) sehingga hal-hal teknis tidak bisa dikelola dengan maksimal.


Kata kunci : Peran Museum Mulawarman dalam menanamkan rasa patriotisme generasi muda.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN MUSEUM MULAWARMAN DALAM MENANAMKAN RASA PATRIOTISME GENERASI MUDA
Pengarang SUSI SUSANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua