Detail Cantuman Kembali
HARUN BIN BAHARUDDIN - Personal Name

PENGARUH KEMAMPUAN NUMERIK DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 5 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016

ABSTRAK



Bin Baharuddin, Harun. 2016.Pengaruh Kemampuan Numerik dan Kebiasaan belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Samarinda Tahun Ajaran 2015/2016 . Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing: (I) Dra. Ariantje Dimpudus, M. Pd dan (II) Dra. Suriaty, M. Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan numerik dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Samarinda tahun ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Kemampuan numerik (X1) dan kebiasaan belajar (X2) sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika siswa (Y) sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Samarinda pada tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 276 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik cluster random sampling sehingga diperoleh sampel 154 siswa yang diambil dari kelas VII-A,VII-B, VII-D, VII-E, dan VII-G. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data kebiasaan belajar , sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data kemapuan numerik dan hasil belajar matematika. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier ganda dengan taraf signifikan 5%.
Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh hasil sebagai berikut. Rata-rata data variabel kemampuan numerik sebesar 64,93 tergolong kategori sedang, rata-rata data variabel kebiasaan belajar sebesar 59,03 tergolong kategori sedang, dan rata-rata hasil belajar matematika sebesar 56,62 tergolong sedang. Hasil analisis inferensial menggunakan regresi linier ganda, diperoleh persamaan penduga Ŷ = 21,132+ 0,192X_1 + 0,390X_2, dengan Fhit = 6,280 dan probabilitas 0,002 serta α adalah 0,05. Hal ini berarti p < α artinya model regresi dugaan yang diperoleh berarti atau dapat dipakai untuk memprediksi hasil belajar. Koefisien determinasi sebesar 0,077 menunjukkan bahwa 7,7% model regresi dugaan dapat menjelaskan pengaruh kemampuan numerik dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika. Hasil analisis kemampuan numerik diperoleh nilai probabilitas 0,016. Karena p < 0,05, artinya koefisien variabel X1 yang diperoleh adalah berarti atau terdapat pengaruh kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika. Hasil analisis untuk kebiasaan belajar diperoleh nilai probabilitas 0,026. Karena p < 0,05, artinya koefisien variabel X2 yang diperoleh adalah berarti atau terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika.
Berdasarkan analisis inferensial dengan statistik regresi linier ganda, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Samarinda Tahun Ajaran 2015/2016.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KEMAMPUAN NUMERIK DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 5 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016
Pengarang HARUN BIN BAHARUDDIN - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua