PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN APLIKASI COREL VIDEOSTUDIO 12DAN MICROSOFT POWERPOINT 2010DI KELAS X SMK NEGERI 1 TANA PASER TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
NurFitriyahRahmah, 2016. PerbedaanHasilBelajarSiswaMenggunakanAplikasiCorel VideoStudio 12danMicrosoft PowerPoint 2010di Kelas X SMK Negeri 1 TanaPaserTahunPembelajaran 2015/2016.PenelitianinidibimbingolehBapakDr. H. UsfandiHaryaka, M. Pdselakupembimbing I danBapakDydikKurniawan, S.Pd, M.Pdselakupembimbing II.
Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswaantara yang menggunakanaplikasiCorel VideoStudio 12danMicrosoft PowerPoint 2010padamatapelajaransimulasi digital di kelas X SMK Negeri 1 TanaPaserTahunPembelajaran 2015/2016.
Penelitianinidilaksanakanpadatanggal 31 Agustussampaidengan 10 Oktober 2015 di SMK Negeri 1, Jl. KI HajarDewantaraTanaPaserTahunPembelajaran 2015/2016.Penelitianinimerupakanjenispenelitiankuantitatif yang bersifateksperimensemu, denganrancanganpenelitianPosttest Control Group Design.Penentuansampelpadapenelitianinidilakukansecaraacak.Setelahdipilih 3 kelasberdasarkannilai rata-rata ulanganharianpadamateripemanfaatanaplikasipengolahangka.Sampeldalampenelitianiniadalahkelas X RPL 1 denganmenggunakanCorel VideoStudio 12, kelas X RPL 2 denganmenggunakanMicrosoft PowerPoint 2010, dankelas X TKJ 2 menggunakanpembelajarankonvensional. Pembelajaraninidiberikanpadamateripemanfaatanaplikasipresentasi.Pengumpulan data yang diberikanberupasoalpilihangandadan essay.
Berdasarkanhasilpenelitian yang menggunakanujianovasatuarahmenggunakan SPSS 22, data diujinormalitasdenganujiOne Sample Kolmogorov Smirnovdengan α = 5% untukketigakelas. KemudianujihomogenitasdenganujiLavene’sdengan α = 5% ,danselanjutnyadiujidenganmenggunakanujianovasatuarahdengan α = 5%. AnalisislanjutanmenggunakanujiTukey HSD.Hasilanalisisberturut-turutdiperolehp = 0,200; 0,110; 0,200 >α sehinggaketigakelompokberdistribusi normal, kemudianujihomogenitasnyadiperoleh p = 0,450 > α sehinggaketigakelompokmemilikivariansi yang homogen. Hasilanalisis data menggunakanujianovasatuarahdiperolehnilaisignifikanprobabilitas 0,000karenap >α makamaka Ho ditolak, artinyaterdapatperbedaanhasilbelajarmenggunakan media pembelajaranCorel VideoStudio12, media pembelajaranMicrosoft PowerPoint 2010, danpembelajarankonvensional. AnalisislanjutandiperolehbahwapembelajaranmenggunakanCorel VideoStudio 12danMicrosoft PowerPoint 2010lebihbaikdaripembelajarankonvensional. Media pembelajaranmenggunakanCorel VideoStudio 12lebihbaikdaripembelajaranMicrosoft PowerPoint 2010danpembelajarankonvensional.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan “terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan media pembelajaran Corel VideoStudio12, media pembelajaran Microsoft PowerPoint 2010, dan pembelajaran konvensionaldi kelas X SMK Negeri 1 TanaPaser tahun pembelajaran 2015/2016”.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN APLIKASI COREL VIDEOSTUDIO 12DAN MICROSOFT POWERPOINT 2010DI KELAS X SMK NEGERI 1 TANA PASER TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 |
---|---|
Pengarang | NUR FITRIYAH RAHMAH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY