Detail Cantuman Kembali
ANDINA DWI LESTARI - Personal Name

PENGARUH KREATIVITAS DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016

ABSTRAK

Lestari, Andina Dwi. 2016. Pengaruh Kreativitas dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Samarinda Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Dosen
Pembimbing: (I) Drs. Muhammad Ugiarto, M.Si., (II) Dr. H. Usfandi Haryaka, M.Pd.

Kata Kunci: Kreativitas, Gaya Belajar, Hasil Belajar Matematika

Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas, dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika materi pokok faktorisasi suku aljabar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Samarinda tahun ajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini kreativitas (X v)dan gaya belajar (X) berlaku sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika (Y) sebagai varibel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Samarinda, yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah siswa 331 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 6 kelas yang terdiri dari 192 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terdiri dari angket dan tes.
Angket digunakan untuk memperoleh data tentang kreativitas dan gaya belajar, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Sebelum penelitian dilaksanakan, terlebih dahulu diadakan uji coba instrument penelitian pada kelas yang bukan merupakan sampel penelitian, yaitu kelas VIII yang berjumlah 33 siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier ganda dengan taraf signifikansi pengujian sebesar 5%.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diperoleh skor rata-rata dari kreativitas sebesar 80,536; gaya belajar sebesar 159,703; dan hasil belajar matematika sebesar 50,323 yang ketiganya masuk dalam kategori sedang. Hasil analisis inferensial yang menggunakan regresi linier ganda diperoleh persamaan regresi dugaan, yaitu Y dengan nilai F adalah 4,710 dan nilai probabilitas (sig. F) adalah 0,010 dengan = 0,050. Karena sig. F < maka persamaan regresi dugaan yang diperoleh adalah berarti. Nilai = 0,047 menunjukkan kontribusi kreativitas dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 4,7%. Untuk variabel kreativitas diperoleh nilai probabilitas (sig. t) adalah 0,004 dengan = 0,050 sehingga sig. t < , artinya terdapat pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar matematika. Sedangkan, untuk variabel gaya belajar diperoleh nilai probabilitas (sig. t) adalah 0,046 dengan = 0,050 sehingga nilai sig. t < , artinya terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kreativitas dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Samarinda pada materi pokok faktorisasi suku aljabar tahun ajaran 2015/2016.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KREATIVITAS DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016
Pengarang ANDINA DWI LESTARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua