PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MASTER TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 8 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016
ABSTRAK
Model pembelajaran MASTER merupakan suatu langkah dalam Cara Belajar Cepat (CBC) diterapkan untuk membuat suasana pembelajaran terasa menyenangkan dan jauh dari kesan kaku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran MASTER terhadap hasil belajar Kimia pada pokok bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit siswa kelas X di SMA Negeri 8 Samarinda tahun ajaran 2015/2016.
Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas X dan sampelnya adalah siswa kelas X-3 dan kelas X-4 yang masing–masing berjumlah 38 siswa setiap kelas. Dimana dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel secara Purposive Sampling.
Data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa kelas X-3 (pembelajaran MASTER) dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang adalah 73,10. Sedangkan nilai rata-rata siswa kelas X-4 (pembelajaran langsung) dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang adalah 68,18. Data dianalisis menggunakan uji t untuk kedua sampel bebas, dimana diperoleh t = 4.38 dan t = 1,98. Karena t iii >t, berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran MASTER terhadap hasil belajar Kimia pada pokok bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit siswa kelas X Di SMA Negeri 8 Samarinda tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci: Model Pembelajaran MASTER, Hasil belajar, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MASTER TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 8 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016 |
---|---|
Pengarang | ODILIA FEBRINA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY