Detail Cantuman Kembali
FAJAR ARIF PRATAMA - Personal Name

STUDI TENTANG MITOS PANTANGAN KEHAMILAN DALAM BUDAYA JAWA di KELURAHAN JAWA SAMARINDA

Fajar Arif Pratama, Studi Tentang Mitos Pantangan Kehamilan dalam Budaya Jawa di Kelurahan Jawa Samarinda (studi kasus di Kelurahan Jawa, Samarinda. Dra. Hj. Wingkolatin, M.Si dosen pembimbing I, Drs. Demsy B. Salindeho, M.Si dosen pembimbing II.
Tujuan penenliti mengambil judul ini karena kehamilan merupakan fase penting dalam kehidupan manusia. Banyak faktor yang mempengaruhi kehamilan, salah satunya adalah kepercayaan terhadap mitos kehamilan. Meski saat ini beberapa dari mitos kehamilan yang sebelumnya tidak dapat dijawab secara rasional sudah dapat dijelaskan secara ilmiah, namun banyak masyarakat yang masih memegang teguh keyakinan terhadap mitos kehamilan padahal beberapa dari mitos kehamilan justru dapat merugikan bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berperspektif fenomenologi dengan model penelitian studi kasus. Berdasarkan teknik snowball sampling, diperoleh lima subyek subyek penelitian. Data dikumpulkan dengan teknik: (1) wawancara mendalam terhadap 5 responden, (2) observasi nonpartisipan, dan (3) foto. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan prosedur pengkodean, reduksi data dan penarikan kesimpulan . Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) proses internalisasi mitos kehamilan karena terjadi dari orang tua terhadap anak-anaknya (2) keyakinan terhadap mitos kehamilan menimbulkan gejala kecemasan berupa ketakutan apabila belum sepenuhnya melaksanakan anjuran dari orang tua dan mempengaruhi perilaku ibu hamil terutama dalam memilih makanan. Dari faktor internal yaitu keluaraga dan faktor eksternal yaitu masyarakat. (3) yang harus dilakukan pemerintah agar kesehatan ibu dan janin bayi tersebut terjamin yaitu dengan penyuluhan sosialisai tentang mitos pantangan kehamilan dari pihak lembaga kesehatan dari pemerintah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TENTANG MITOS PANTANGAN KEHAMILAN DALAM BUDAYA JAWA di KELURAHAN JAWA SAMARINDA
Pengarang FAJAR ARIF PRATAMA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua