Detail Cantuman Kembali
JULI ANDIKHA - Personal Name

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 11 SAMARINDA (Materi Usaha dan Energi)

Juli Andikha, 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 11 Samarinda (Materi Usaha dan Energi). Penelitian ini dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si selaku pembimbing I dan
Hj. Mulyati Syam, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.

Pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament merupakan suatu pembelajaran yang melibatkan partisipasi aktif dari seluruh siswa dan membantu siswa mereview serta menguasai materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar fisika setelah diterapkan model pembelajaraan kooperatif tipe Teams Games Tournament. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 11 Samarinda tahun ajaran 2015/2016 dengan sampel kelas XI IPA 1 sebanyak 35 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi/pengamatan dan menggunakan metode tes yang dilaksanakan setelah pembelajaran selesai. Persentase rata – rata aktivitas belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament adalah 89% dan nilai rata – rata hasil belajar fisika setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament adalah 76,7 dengan persentase siswa tuntas sebesar 77,1%.

Kata Kunci : Aktivitas, hasil belajar, materi usaha dan energi, Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 11 SAMARINDA (Materi Usaha dan Energi)
Pengarang JULI ANDIKHA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua