Detail Cantuman Kembali
NURBAYAH FEBRIANTI - Personal Name

PERTUMBUHAN ANAKAN Shorea leprosula Miq. PADA MEDIA TOPSOIL SERTA TANAH PASCA TAMBANG BATUBARA DAN BIOCHAR DARI LIMBAH KAYU DAN TANDAN SAWIT

Nurbayah Febrianti. Pertumbuhan Anakan Shorea leprosula Miq. Pada Media Topsoil Serta Tanah Pasca Tambang Batubara dan Biochar Dari Limbah Kayu dan Tandan Sawit. (Dibimbing oleh Kiswanto dan Maman Sutisna).
Media tanaman adalah bahan atau campuran bahan yang digunakan sebagai tempat tumbuh tanaman asal generatif. Media tanam sangat berpengaruh sekali dalam pertumbuhan.
Tujuan penelitian dengan judul Pertumbuhan Anakan Shorea leprosula Miq. Pada Media Topsoil Serta Tanah Pasca Tambang Batubara yang Dicampur Biochar Dari Limbah Kayu dan Tandan Sawit yaitu memanfaatkan limbah kayu dan tandan sawit sebagai bahan baku Biochar serta mengetahui pertumbuhan anakan Shorea leprosula pada tanah pasca tambang yang telah diberikan perlakuan biochar. Penelitian ini dirancang dengan mengikuti Pola Rancangan Acak Lengkap (Completely Randomized Design atau CRD). Dengan faktor perlakuan tanah Top soil murni 100% (A0), campuran tanah tambang batubara 60% dan limbah kayu 40% (A1), dan campuran tanh tambang batubara 60% dan limbah tandan sawit 40%(A2). Setiap perlakuan diulang 3 (tiga) kali dengan setiap ulangan terdapat 10 semai sehingga total semai Shorea leprosula Miq. yang dibutuhkan 90 semai Shorea leprosula Miq. Keberhasilan penanaman Shorea leprosula Miq.termasuk dalam kriteria sangat baik,dimana pada media tanam topsoil 100% (A0) memiliki persentase hidup sebesar 90%, sedangkan pada media tanam tanah pasca tambang batubara 60% dengan campuran biochar limbah kayu 40% (A1) memiliki persentase hidup sebesar 90%, serta pada media tanah pasca tambang batubara 60% dengan campuran limbah tandan sawit 40% (A2) memiliki persentase hidup sebesar 86,67% .
Riap diameter anakan Shorea leprosula Miq. yang ditanam dengan menggunakan media topsoil (A0) memiliki rataan sebesar 2,10 cm/th, sementara yang ditanam pada kombinasi tanah pasca tambang dan biochar masing-masing sebesar 2,07 cm/th (A1) dan 2,05 cm/th (A2). Berdasarkan hasil analisis sidik ragam di atas diketahui bahwa perlakuan media tanam memberikan pengaruh sangat signifikan terhadap riap diameter (cm/th) anakan Shorea leprosula Miq.
Data dan informasi yang diperoleh dalam penelitian ini diharapkan dapat digunakan pada lahan atau tanah yang terdegradasi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERTUMBUHAN ANAKAN Shorea leprosula Miq. PADA MEDIA TOPSOIL SERTA TANAH PASCA TAMBANG BATUBARA DAN BIOCHAR DARI LIMBAH KAYU DAN TANDAN SAWIT
Pengarang NURBAYAH FEBRIANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua